• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Di lingkungan Polteknik eletronika negeri Surabaya distance learning atau kegiatan belajar yang dilakukan secara online daring bukanlah sebuah hal baru. Hal tersebut dikarenakan PENS sudah menerapkan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) jauh sebelum adanya pandemi. Segala kegiatan pembelajaran di PJJ di lakukan secara daring. Biasanya melaksanakan Pembelajaran tatap muka hanya sebulan sekali. Namun karena pandemi seluruh kegiatan yang harusnya dilakukan secara tatap muka hingga saat ini masih dilaksanakan secara online.

Disaat banyak kampus yang tidak mampu bertahan disaat seperti sekarang dan terpaksa meliburkan mahasiswanya karenakan kurangnya tenaga pendidik yang menguasai gadget/laptop untuk kegiatan pembelajaran, PENS mampu menjawab itu semua.

PENS menggunakan ETHOL (enterprise technology hybrid online learning) sebagai media pembelajaran. Bahkan fitur aplikasi ini sudah hampir menyerupai seluruh kegiatan yang ada dikampus. Tidak hanya sebagai sarana untuk online meerting atau tempat mengumpulkan tugas, ETHOL juga memiliki fitur absensi, lab virtual, perpustakaan virtual. Dan bahkan mampu melaksanakan UTS dan UAS secara online.

Oleh karena itu, berikut kami rangkum 5 fakta menarik tentang ETHOL:

1. CAS (Central Authentication Service Service)

CAS adalah tempat untuk login. Seluruh aplikasi yang membutuhkan login seperti ethol, elearning, atau lainnya pasti akan melewati CAS ini. Menariknya, Ketika dosen atau mahasiswa sudah berhasil melakukan login, dan akan membuka aplikasi PENS lain yang membutuhkan login maka dia tidak perlu login lagi. Jadi cukup sekali login karena sudah mencakup seluruh aplikasi milik PENS.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Central Authentication Service Service (CAS)

2. Autologout

Karena bersifat rentan dan sangat  penting, auto logout adalah salah satu solusi untuk mengantisipasi pencurian data, pembajakan data atau kejahatan lainnya. Autologout adalah logout otomatis Ketika aplikasi sudah tidak digunakan.

Dengan adanya fitur tersebut mahasiswa/ dosen yang melakukan login ke ethol menggunakan komputer umum seperti warnet/lab/komputer kantor atau lainnya tidak perlu hawatir datanya akan dibajak oleh orang lain. Karena Ketika aplikasi sudah tidak dijalankan akan terlogout otomatis.

3. Room Meeting/Ruangan Belajar

Setiap aplikasi online meeting atau ruangan berlajar mempunya kelebihan dan kekurangan masing masing. Sedangkan ehol menggunakan Big Blue Button sebagai ruangan belajar. Meskipun menggunakan aplikasi pihak ketiga kita tidak perlu lagi membuka aplikasi BBB secara manual karena di ETHOL sudah diberikan button untuk masuk kedalam ruangan.

Menariknya jika ada dosen yng menggunakan aplikasi online meeting yang lain, seperti zoom, google meet atau mungkin lainnya, mahasiswa tidak perlu repot mengklik link yang dibagikan secara manual. Dengan menggunakan ETHOL mahasiswa cukup mengklik conference lainnya dan akan didirect ke link yang diinputkan dosen.

4. Area Diskusi

Seluruh matakuliah yang diambil mahasiswa memiliki area diskusi masing masing. Hal tersebut cukup penting untuk digunakan Ketika ada hal yang ditanyakan atau disampkaikan kepada dosen pengampu. Dan mahasiswa lain juga diperkanankan untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh temannya.

5. Pengumuman Umum

Pengumuman umum digunakan sebagai pemberitahuan kepada para mahasiswa yang berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan oleh pihak kampus. Seperti pengumuman jadwal ujuan akhir semerter, sidang projek akhir, jadwal ujian tengah semester atau pengumuman lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dengan adanya ethol seluruh kegiatan yang awalnya harus dilakukan secara tatap muka. Masih bisa dilakukan secara virtual. Bisa dikatakan bahwa ethol adalah Kampus Virtual.