• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pemberian materi oleh mas Wildan selaku divisi grafis.

Perkenalkan, nama saya adalah Abdi Prasetyo dari jurusan D3 Multimedia Broadcasting (MMB). Kali ini saya bersama Ryan dan Friskila melaksanakan Kerja Praktek (KP) di SCTV selama satu bulan. SCTV sendiri berlokasi di SCTV Tower, Senayan City, Jl. Asia Afrika, Jakarta Pusat. Pada proposal sebelumnya, kami mengajukan KP untuk ditempatkan Divisi Promo On Air SCTV.

Hari pertama pada 23 Juli 2018, kami datang ke SCTV lantai 19 untuk menemui Pak Indra selaku HRD untuk pengarahan dan teknis KP atau magang di SCTV. Kemudian kami diajak ke lantai 10 untuk menemui Pak Karianto selaku Kepala Divisi Promo On Air untuk pengarahan lebih lanjut mengenai KP di divisi tersebut. Di lantai 10 ini dibagi menjadi beberapa ruangan yaitu ruang promo, ruang MCR (Master Control Room) yang mengontrol semua tayangan, ruang breakout, ruang editor, ruang grafis, dan ruang Quality Control.  Selain itu, kami juga dikenalkan dengan kru yang ada di divisi ini. Diantaranya Produser, Asisten Produser, Director, Editor, Graphic Designer, Voice Over Talent, dan lain sebagainya. Kemudian kami diminta untuk memilih bidang yang kami ingin tempati. Saya dan Friskila pada divisi grafis lalu ryan pada divisi editor. Setelah memilih setiap divisi, kami diarahkan ke setiap mentor kami selama KP di sini.  Setiap anak memiliki mentornya masing-masing menurut divisinya. Untuk mentor saya adalah mas Wildan.

Pada hari kedua, saya langsung menemui mas Wildan untuk bertanya mengenai hal yang bisa saya kerjakan. Akhirnya tugas pertama saya adalah membuat superimpose HUT RI ke 73 berdurasi 10 detik. Superimpose sendiri bisa kita lihat dipojok kiri atas tayangan SCTV berukuran hamper sama dengan logo channel. Untuk bahan dan guideline pembuatan sudah diberikan langsung oleh mas Wildan serta ditunjukan contoh superimpose lainnya. Untuk programnya kami menggunakan Adobe After Effect. Aplikasi ini memang sudah diajarkan di kampus, namun untuk beberapa teknis saya tetap harus melihat beberapa tutorial untuk membuat superimpose ini. Superimpose yang saya buat menggunakan animasi pergerakan yang cukup dasar. Setelah selesai, saya meminta review ke mas Wildan dan mbak Zyasza selaku asisten produser.

Di hari selanjutnya, hari ketiga, saya memoles kembali superimpose yang sudah saya buat sebelumnya. Karena masih butuh memperhalus pergerakan dan mengatur komposisi warna. Disini ada pengaturan khusus untuk ekspor grafis yang digunakan agar backgroung menjadi transparan seperti gambar PNG. Yaitu dengan mengubah pengaturan warna saat render dari RGB menjadi RGB+Alpha. Kemudian, superimpose yang sudah selesai disetorkan ke mas Wildan dan ditunjukan ke Pak Karianto. Setelah pengerjaan tersebut, saya berlanjut untuk membantu Ryan untuk membuat lowerthird untuk omnitrailer yang ia buat. Untuk tema yang diambil adalah kemerdekaan. Lowerthird sendiri merupakan grafis untuk menunjukan suatu informasi mengenai isi suatu konten. Untuk pebuatannya

Hari keempat, saya melanjutkan grafis lowerthird. Pada hari ini saya mengerjakan sebagian besar lowerthird tersebut. Untuk pengaturan render pun sama seperti superimpose. Teknik yang membuat agak lama adalah teknik trim path yang harus selaras dengan animasi lainnya. Selain pekerjaan teknis kami juga menerima materi dari mbak Zyazsa dan mas Wildan mengenai divisi Promo On Air SCTV. Di sesi ini banyak menjelaskan mengenai pekerjaan yang dilakukan, produk, susunan tim, alur bagaimana sebuah tayangan promo bisa ditayangan di tv.

Hari kelima, saya mendapat tugas tambahan dari pak Karianto yaitu membuat poster reuni. Untuk poster ini cukup sederhana. Untuk bahan dan konsep sudah dari pak Karianto dan saya langsung eksekusi dengan Adobe Photoshop.