Ulasan Spotify, Joox, dan Apple Music

 

Perlu kita ketahui banyak aplikasi yang mempermudah kita untuk memperoleh sesuatu yang kita inginkan, contohnya ketika ingin mendengarkan music yang kita inginkan, yang dulunya harus mendownload file terlebih dahulu, dan menyimpannya dalam memory internal atau eksternal pada smartphone kita, namun sekarang kita hanya perlu streaming saja dan tidak perlu lagi mendownload lalu baru bisa menikmati file music tersebut.

Pada artikel ini saya akan mengulas tentang beberapa produk aplikasi streaming music, yaitu Spotify, Joox, dan Apple Music. Manakah yang paling digemari?

Itu tergantung persepsi masing masing pengguna aplikasinya, namun yang jelas ada kelebihan dan kekurangan pada masing masing produk tersebut.

Spotify 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Spotify merupakan aplikasi streaming music yang banyak digunakan, termasuk saya adalah pengguna Spotify, dan dapat di download di Play Store dengan gratis. Aplikasi ini memuat banyak lagu dari seluruh dunia, termasuk lagu dari para musisi Indonesia, penggunannya cukup mudah dan simple. Terdapat fitur playlist dari musisi yang ada, dan playlist menurut genre music yang kalian pilih, pada setiap lagu yang kita pilih terdapat info lagu tersebut, seperti info Album dan info Artis. Lagu tersebut dapat kita share ke beberapa social media seperti Facebook, WhatsApp, Line, dll. Ada fitur searching atau mesin pencari pada aplikasi yang berguna untuk mencari lagu yang kita inginkan, lalu ada fitur playlist kita sendiri untuk menyimpan lagu agar memudahkan kita untuk memutar lagu yang kita inginkan, dalam kata lain agar tidak mencari lagu favorit kembali yang akan diputar. Namun ada beberapa kelemahan yang pernah saya temui di aplikasi ini, banyak aplikasi Spotify yang sudah ter-hack yang membuat apliaksi ini menjadi premium. Artinya kita bisa bebas memutar lagu apa saja tanpa khawatir dengan aturan Premium, yang seharusnya jika kita memutar lagu tersebut kita harus membayar sewa untuk beberapa waktu, kira kira tarifnya hitungan perbulan. Dan ada satu lagi kekurangan dari Spotify yaitu, tidak menyediakan lyric lagu.

Joox

Aplikasi ini hampir sama dengan Spotify, yait

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
u aplikasi streaming music. Fitur fiturnya pun hampir sama persis. Ada playlist dari musisinya, bisa membuat playlist sendiri, fitur searching lagu, info artis dan info lagu tersebut. Yang membedakan dan yang membuat menarik dari aplikasi ini adalah terdapat fitur lyric pada lagunya, namun jika ada lagu yang belum memiliki lyric bisa di request pada aplikasinya, ada fitur menarik lainnya yaitu fitur Karaoke, kita bisa menikamti fitur ini dengan hanya mendengar iringan lagu disertai panduan lyric nya. Terdapat kekurangan pada aplikasi Joox ini, yaitu lagu tidak selengkap yang ada di Spotify, lagu dari musisi mancanegara dan musisi domestic tidak lengkap. Terkadang musiknya juga berhenti sendiri ketika aplikasinya diminimize atau ketika smartphone keadaan di lock. Namun yang membuat kagum fitur VIP masih terjaga dengan baik, saya belum menemui aplikasi hack pada Joox ini.

Apple Music

Untuk 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Apple Music sejujurnya saya belum pernah memakai apliaksi ini, namun saya akan mengulas menurut artikel yang saya baca. Bagi pengguna Iphone, aplikasi ini sangat mudah di akses dikarenakan aplikasi merupakan apliaksi bawaan Apple sendiri, jadi tidak perlu mendownload lagi untuk mendapatkan aplikasinya. Aplikasi ini sudah support untuk beberapa produk Apple lainnya, seperti Apple Watch, Apple TV, dll. Fiturnya sebagian besar hampir sama dengan Spotify dan Joox, yang membedakan yaitu desain interfacenya. Jika Spotify dan Joox didominasi oleh kombinasi warna hijau dan hitam, Apple Music desain interface nya berwarna putih dan pink. Ada sebagian pengguna Apple Music berpendapat jika warnanya terlihat bersih dan elegan.

 

Sumber :