Permainan papan merupakan jenis permainan yang dimainkan di atas papan yang khas bagi permainan tersebut. Seperti hiburan lainnya, permainan papan dapat menggambarkan subyek apapun. Di tingkat dasar, terdapat banyak jenis dan gaya permainan papan, termasuk yang tak memiliki tema tak terpisah – seperti dam Inggris — begitupun permainan yang lebih rumit dengan subyek yang lebih jelas atau malahan naratif seperti Cluedo. Permainan papan sudah ada sejak zaman kuno, misalnya pada peradaban Jiroft dan Mesir Kuno pada milenium ke-3 SM. Banyak permainan papan sekarang hadir dalam bentuk komputer, yang dapat termasuk komputer itu sendiri sebagai salah satu dari beberapa pemain, maupun lawan tunggal. Beberapa permainan papan menggunakan komponen sebagai tambahan – atau pengganti – papan dan pemain.

Board game memiliki beberapa manfaat. Khususnya untuk anak anak. Dengan board game ini anak anak dapat mempelajari banyak hal. Baik yang berhubungan dengan pelajaran maupun kehidupan.

Boardgame sangat menarik, khususnya untuk anak, oleh karena itu beberapa boardgame didesain untuk anak-anak sebagai platform dan media untuk edukasi. Anak-anak (TEYL) di sekolah dasar memang sangat perlu diperkenalkan sejak dini, karena anak-anak memiliki kemampuan untuk mengingat lebih baik daripada orang dewasa. Hal ini juga dikatakan dalam berbagai teori SLA bahwa anak-anak memiliki perangkat pemerolehan bahasa (language acquisition device) yang masih segar, sehingga mereka dapat memahami bahasa dengan lebih cepat [1].

Permainan papan angka merupakan permainan yang menggunakan peralatan sebuah papan yang berisi susunan angka, dan dimainkan dengan beberapa peralatan lainnya yaitu dua buah dadu, dan benda berwarna-warni yang dapat digunakan sebagai objek penanda di papan angka [2].

Sebuah media pembelajaran dapat diambil dari mana saja salah satunya adalah dari permainan papan, dengan adanya modifikasi kreatif dari pengajar sebuah permainan dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang efektif bagi peserta didik, Monopoli adalah salah satu contoh sebuah permainan yang banyak dikenal orang dan juga mudah untuk dimodifikasi dan juga menyenangkan untuk dimainkan. Dengan modifikasi yang kreatif pada Monopoli, maka pengajar dapat menjadikan peserta didik tidak hanya menguasai kekayaan pada Monopoli tetapi juga menguasai ilmu di saat yang bersamaan [3].

DAFTAR PUSTAKA

[3] Ratminingsih, Ni Made, “Implementasi Board Games dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris,” Jurnal Ilmu Pendidikan, vol 24, no. 1, p. 19-28, Juni 2018.  

[2] W. Handayani, P. Rochmawati, “Metode Permainan Dengan Papan Angka Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 1, no.2, p. 201-215, Mei 2020.

[3] S. Rahayu, “Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Konsep Mol Menggunakan Papan Permainan Monopoli Sebagai Pembelajaran PAIKEM“, Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, vol. 17, no. 5, p. 82-88, Oktober 2016.