Graphology adalah sebuah teknik untuk mengetahui atau menebak kepribadian seseorang melalui tulisan tangan. Teknik ini menjadi bahasan yang menarik karena hasilnya cukup akurat.

Banyak orang yang ingin melihat kepribadiannya dengan berbagai tujuan, misalkan untuk intropeksi diri, melihat keunggulan dan kelemahan, atau merancang langkah ke dapan bahkan hanya untuk sekedar hiburan. Beberapa perusahaan menggunakan teknik-teknik tertentu dalam melihat kepribadian calon karyawan atau karyawannya dalam usaha mengembangkan karir. Itu sebabnya banyak teknik-teknik untuk melihat kepribadian. Salah satunya adalah Graphology.

Graphology adalah sebuah teknik untuk mengetahui kepribadian seseorang melalui tulisan tangan. Seseorang diminta untuk menuliskan sesuatu, bisa dalam dua kata atau bahkan dalam satu halaman. Kemudian dari tulisan ini dihitung beberapa parameter seperti margin tulisan (untuk tulisan satu halaman), jarak antar baris, arah tulisan, lebar tulisan, kemiringan, bentuk tulisan dan lainnya. Dari masing-masing parameter itu akan ditentukan kepribadian apa yang sesuai.

Salah satu aplikasi untuk mengenal kepribadian melalui tulisan tangan adalah “Sikerang”. Sebuah aplikasi buatan mahasiswa PENS, Kukuh Adi Prasetyo, yang bisa dijalankan di perangkat berbasis Android. Aplikasi ini bisa mengenali tulisan yang ditulis langsung lewat perangkat smartphone, atau tulisan di kertas yang diambil dengan kamera smartphone. Ada tutorial aplikasi untuk yang baru menggunakan aplikasi ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Hasil tebakan kepribadian dari aplikasi Sikerang ini cukup akurat, seperti halnya teknik Graphology. Jadi silahkan mencoba untuk mengenali kepribadian diri sendiri.

 

Ditulis oleh Ki Suki