Apa sih foto Light painting itu? Seperti pada artikel sebelumnya kita kali ini akan membahas tentang foto light painting. Bagi yang belum tahu, foto light painting adalah salah satu kreasi foto dimana kita memanfaatkan shutter speed lambat, sehingga kamera bisa merekam jejak cahaya yang kita buat dan membentuk beragam model sesuai keinginan kita. Light painting juga dapat dikatakan sebagai melukis foto dengan cahaya. Meskipun kalian bukan seorang seniman, kalian juga dapat melukis dengan cahaya menggunakan kamera anda. Jika kalian tidak mempunyai kamera, bisa menggunakan smartphone anda pada mode pro atau manual. Perlu kalian ketahui, foto light painting sangatlah butuh kesabaran ekstra dan juga latihan terus-menerus. Light painting juga bukan hanya sekedar fotografi low light semata saja loh. Tetapi kalian jangan putus asa, pada artikel ini kita juga akan memberikan beberapa tips memotret foto light painting. Sebelum membaca, siapkan kopi sebagai teman sejati. Jika sudah, yuk mari kita baca… Berikut ini adalah beberapa tips memotret foto light painting.

  1. Persiapkan Kamera/ smartphone dan tripod

Kamera dibutuhkan untuk memotret tentunya. Sedangkan tripod digunakan supaya hasil foto nantinya tajam dan tidak berbayang atau malah abstrak. Selain itu, tripod sangat membantu jika kamu cuma sendirian. Untuk kamera, kamu bisa gunakan DSLR, mirrorless ataupun kamera poket, yang penting kameranya dapat diset manual. Pake handphone atau smartphone pun bisa asal punya aplikasi untuk set kamera handphone manual, prinsip fotonya pun sama dengan yang lainnya.

  • Setting kamera di Mode Manual

Tujuan memilih mode manual supaya kita bebas mengatur shutter speed maupun aperture yang kita mau, selain itu masa masih mau berkutat di mode auto terus sih, hehehe. Pastikan kamu sudah tahu bagaimana langkah-langkah mengatur shutter speed, aperture dan ISO di kamera, karena masing-masing kamera bisa berbeda cara settingnya.

  • Atur Bukaan Kamera (Apperture)

Apperture berfungsi untuk menangkap cahaya pada kamera. Seberapa banyak sedikitnya cahaya yang diterima oleh sensor kamera saat mengambil gambar.

Pada apperture sebaiknya gunakan f/8 sampai f/11 agar supaya kesuluruhan foto akhir akan tajam dai ujung ke ujung.

  • Pilih Shtter Speed Lambat 10-30 detik

Tujuan shutter speed lambat tentu supaya kamera bisa merekam jejak cahaya yang akan lebih kuat, semakin rumit model dan bentuk lukisan cahaya kita nanti, shutter speed yang dibutuhkan juga pasti lebih lama agar kamera bisa merekam semuanya.

Jika bentuk yang diinginkan hanya sederhana, silakan sesuaikan shutter speed yang ada. Satu hal lagi, semakin lama shutter speed maka hasil akhir foto akan semakin terang, ini berlaku jika kita ingin mengambil juga background tempat memotret. Jika butuh shutter speed dari 30 detik, gunakan mode bulb pada kamera.

  • Atur ISO 100 atau 200

Pada pengaturan ISO sebaiknya gunakan angka kecil, karena dengan menggunakan iso rendah agar supaya kaulitas foto maksimal dan tehindar dari noise yang mengganggu.

  • Siap Melukis Dengan Cahaya

Setelah semua settingan kamera sudah siap, kini kita sudah dapat memulai melukis dengan cahaya atau membuat foto light painting. Tetapi ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum kamu menekan tombol shutter dan jangan lupa memakai timer tentunya. Dibawah ini beberapa hal tersebut :

  • Pastikan kamu sudah tahu konsep foto light painting yang mau dibuat, contohnya mau buat tulisan pake cahaya, mau buat bentuk spiral, kotak, atau jika menyertakan model, gunakan lampu flash eksternal agar supaya si model bisa ikutan terlihat dalam foto nanti.
  • Persiapkan sumber cahaya yang cukup terang, yang paling sederhana adalah layar handphone. Lebih baik lagi jika menggunakan lampu LED warna-warni.
  • Jika lokasi pemotretan terlalu banyak sumber cahaya lainnya, bisa saja hasil foto akan over eksposure. Silakan cari tempat yang gelap, paling simpel sebagai percobaan adalah dalam kamar sendiri.
  • Jangan berdiri ditengah kamera dan sumber cahaya (lampu, handphone dll), usahakan kamu tidak menghalangi cahaya tersebut saat difoto
  • Kalau mau buat foto light painting model tulisan, ingat harus dibuat terbalik kanan ke kiri,  agar tulisannya terbaca benar di hasil foto nanti
  • Kalau sumber cahaya agak redup, setiap kali membentuk satu model, perlambat gerakan yang ada agar tampak terang di foto.

Dibawah ini ada beberapa hasil contoh foto light painting :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Sourch : https://images.app.goo.gl/FPDzu6NhDCqTaMFj8
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Sourch : https://images.app.goo.gl/ucwivhZXJ2gMABKt5

Kunci utama foto light painting yang bagus dan menarik adalah kreatif dan jam terbang tentunya, semakin sering kamu mencoba semakin kamu jago dalam melukis dengan cahaya nantinya. Demikian pembahasan sederhana tentang teknik fotografi light painting. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya.