Kerjasama antara institusi pendidikan dan dunia industri adalah hal yang sangat penting sebagai sebuah sinergi untuk kemajuan bangsa. Kerjasama ini akan memberikan dampak positif tidak hanya kepada institusi pendidikan dan dunia industri, tetetapi juga untuk masyarakat. Untuk institusi pendidikan, kerjasama ini akan bermanfaat untuk mengetahui permasalahan nyata di dunia industri, sehingga bisa memberikan masukan bahkan memberikan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri dalam mengantisipasi perkembangan teknologi yang bergerak cepat. Untuk industri, kesiapan tenaga kerja akan menjadi lebih baik.

Itu salah satu alasan besar kerjasama antara Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai pendidikan tinggi vokasi dan PT TOA Galva. Terlebih lagi i banyak lulusan PENS yang berkarir di PT. TOA Galva yang terkenal sebagai industri yang memperoduksi speaker dan mixer audio. Kerjasama ini dikuatkan dengan penandatangan MOU antara PENS dan PT. TOA Galva, serta diskusi yang melibatkan banyak bidang baik di PENS dan PT. TOA. Kerjasama ini tidak hanya berupa rekrutmen, tetapi juga kerja praktek dan kerjasama penelitian yang berhubungan dengan permasalahan yang berhubungan dengan peningkatan teknologi di PT TOA Galva.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kerjasama antara PENS dan PT TOA Galva

Tim PENS juga diantarkan untuk melihat-lihat produksi speaker yang ada di PT. TOA Galva. Dengan melihat mesin-mesin dan proses produksi yang ada, tim PENS diharapkan mampu merumuskan bagaimana bisa menyediakan lulusan yang bisa menunjang kemajuan teknologi. Saat ini PT TOA Galva sudah memulai untuk otomasi industri, tetapi memang masih banyak membutuhkan inovasi-inovasi yang bisa meningkatkan produksi dan melakukan efisiensi.

Sinergi antara PENS dan PT TOA Galva sebenarnya sudah lama dilakukan, dengan MOU kerjasama yang ditandatangi ini memang diharapkan menjadi sebagai dasar dari kerjasama yang lebih baik dari waktu ke waktu. Tim PENS juga disambut oleh beberapa alumni PENS yang sudah lama bekerja di PT TOA Galva. Salah satu yang menarik adalah alumni-alumni tersebut bekerja dari awal dan saat ini menjadi tenaga-tenaga profesional. Terlebih lagi, PENS sebagai institusi pendidikan vokasi memang menjadi pilihan dari banyak perusahan produksi dalam bekerja sama karena kemampuan praktis dan hands-on menjadi titik berat dalam sistem pendidikannya.

 

Ditulis oleh: Ki Suki