Hari ke empat ini, kami mengunjungi Tokyo Metropolitan University. Di sini kami bertemu dengan Prof. Kubota, salah seorang professor yang ahli di bidang robotika. Bahkan di kampus ini, ada beberapa alumni PENS belajar di sini. Begiu juga, Bapak Indra Adji, Wakil Direktur Akademik PENS, juga lulusan dari laboratorium Kubota-sensei di Tokyo Metropolitan University ini.

Perjalanan dari Shonandai ke kampus Tokyo Metropolitan University terbilang cukup jauh. Kami harus naik kereta api, kemudian naik bus, lalu jalan kaki. Saat turun dari bus, kami sempat kebingungan, apa ini tempat yang benar atau tidak, karena kampusnya tidak terlihat. Kami mengandalkan Google Maps berjalan. Lumayan jauh. Belum lagi kami sudah terbilang terlambat, jadi kami berjalan cepat-cepat. Untungnya ada Azhar yang menjemput kami, jadi minimal tidak akan tersesat.

Sampai di ruangan, kami sempat terkejut karena ternyata kami masuk ke ruang seminar. Ternyata Kubota-sensei sedang menyelenggarakan seminar bersama koleganya termasuk beberapa perusahaan besar. Dan yang membuat kami agak gelagapan, ternyata kami juga harus maju untuk menyajikan penelitian kami. Pantas saja tadi pak Ali meminta 3 slide. Kami pikir pak Ali yang akan menyajikan, karena beliau kalau presentasi selalu memukau. Eh, ternyata kami harus maju satu-satu.

Suasana yang bikin gelagapan tadi akhirnya cari saat makan siang. Kubota-sensei ternyata telah mendelegasikan untuk membelikan kami makanan halal ke murid-muridnyayang juga alumni PENS. Makanan timur-tengah yang luar biasa. Rasanya maknyuss, sayangnya porsinya luar biasa besar. Satu porsi seharsnya untuk 3 orang. Akhirnya kami tidak mampu menghabiskan.

Kami sudah punya kerjasama dengan Tokyo Metropolitan University, namun kami ingin meningkatkan kerjasama tersebut dalam bentuk kolaborasi penelitian. Kami dikenalkan dengan beberapa orang kolega dari Kubota-sensei yang aktif di bidang robotika dan sekitarnya. Kubota-sensei orangnya ramah. Kegiatan selanjutnya kami mengunjungi laboratorium Kubota-sensei. Di sini kami melihat banyak jenis robot yang sedang diselesaikan.

Kunjungan ini termasuk singkat karena kami memang punya agenda lain di tempat berbeda. Setelah mengunjungi semua laboratorium, kami meninggalkan kampus ini diantar dengan dua orang mahasiswa Kubota-sensei. Nah, kali ini kami tidak khawatir akan tersesat. Kami berangkat naik bus menuju langkah kami berikutnya. Hari ini belum selesai.