Light Painting adalah teknik fotografi dimana cahaya di lukis atau di gambar kedalam foto menggunakan sumber cahaya yang “pegang-able” atau yang portable pada saat long exposure. Light painting merupakan salah satu teknik fotografi yang populer karena tergolong mudah untuk menghasilkan foto yang unik dan bagus, alat-alat yang di butuhkan pun tidak “khusus” atau spesial. Berikut adalah contoh foto dari Light painting.

Preparation

Sebuah kamera dengan manual atau bulb exposure control – untuk menghasilkan long exposure.

Sebuah tripod atau benda dengan permukaan yang kokoh untuk alternatif tripod – hal ini sudah sangat jelas dan lumrah untuk long exposure bukan?

Sebuah sumber cahaya – untuk melukis cahaya, benda ini bisa flash hp ataupun senter biasa, jika ada variasi ukuran diameter cahaya dan warna cahaya lebih baik.

Suatu tempat yang gelap – bisa indoor atau outdoor, yang penting gelap, hihi XD.

Setup

Tentukan lokasi foto, dan tempatkan kamera di tripod atau alternatif lain.

Ganti mode kamera ke mode manual, dan set iso ke 100, aperture kisaran f11-f22, dan shutter speed sekitar 5-30 detik (tergantung dengan konsep foto yang hendak di hasilkan).

Kamera tidak akan bisa diatur fokusnya dalam kegelapan, jadi atur fokus terlebih dahulu pada saat lampu belum di matikan, lalu ae/af lock.

Shoot

Siapkan konsep yang hendak di hasilkan, seperti gambar yang hendak di hasilkan, lalu perkirakan gerakan gambaran itu dan juga lihat apakah gerakan tersebut tercangkup semua ke dalam frame?.

Pada saat menggerakan sumber cahaya, gerakkan secara halus (ease) dan yakin, jangan ragu-ragu untuk menggerakkannya karena foto yang dihasilkan akan terlihat garis bercahaya yang kaku.

Selalu review shot yang sudah di jepret, lalu atur-atur lagi shutter speed dan aperture sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika menggunakan sumber cahaya yang sangat terang, hindari gerakan yang mengarah langsung ke lensa kamera, karena akan menyebabkan flare.

Sekian untuk tulisan hari ini, gimana? mudah bukan untuk menghasilkan teknik fotografi ini. Selamat mencoba! Terima Kasih!