Light Painting adalah teknik fotografi yang menggunakan sumber cahaya bergerak — seperti senter, glow stick, light brush, atau bahkan smartphone —. Alih-alih hanya menangkap gambar apa adanya, light painting menambahkan elemen lain dengan menyorot objek atau membuat goresan, warna, atau kilatan di dalam gambar. Berikut ada sejumlah tips light painting ringan yang perlu diingat:

  1. Menyorotkan cahaya dari berbagai sudut.

Daripada menyorotkan cahaya dari belakang kamera (atau langsung ke arahnya), cobalah menyorotkan cahaya permukaan dari samping atau atas untuk menonjolkan teksturnya. Pancarkan sumber cahaya di permukaan tanah untuk menambah dimensi dan detail pada permukaan — efek ini sangat bagus terutama untuk area berumput.

  1. Kenakan pakaian yang tepat.

Jika Anda menggunakan sumber cahaya pada kamera, pastikan cahaya Anda adalah fokus foto Anda (bukan orang yang memegangnya) dengan meminta mereka mengenakan pakaian gelap dan tidak memantulkan cahaya.

  1. Gunakan filter merah untuk pengujian.

Saat menyiapkan untuk mengambil gambar Anda, penting untuk menjaga agar mata Anda tetap terbiasa dengan pengaturan cahaya redup. Alih-alih menggunakan senter tradisional, yang akan merusak penglihatan malam Anda, coba pasang filter merah ke lampu pengujian Anda.

  1. Bereksperimenlah dengan permukaan yang berbeda.

Permukaan reflektif seperti logam, kaca, dan cermin dapat menciptakan efek mengejutkan dalam lukisan cahaya. Untuk eksperimen, coba lah dengan permukaan yang lebih kasar seperti plesteran dan kayu menyerap lebih banyak cahaya, sedangkan bahan transparan seperti kain dapat menyaring sumber cahaya Anda dengan cara yang menarik.

  1. Bereksperimenlah dengan kecepatan gerakan .

Seberapa terang lukisan cahaya Anda akan tergantung pada seberapa cepat Anda memindahkan sumber cahaya. Misalnya, semakin lama Anda memegang sumber cahaya di tempat tertentu, semakin banyak waktu yang dibutuhkan sensor kamera Anda untuk menyerapnya, dan semakin cerah tampilannya di foto yang sudah jadi. Bereksperimenlah dengan gerakan cepat dan lambat untuk menciptakan efek bayangan yang menambah kerumitan pada foto Anda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Terakhir, hal terpenting yang harus diingat dengan light painting adalah bereksperimen, bersenang-senang, dan mengembangkan gaya Anda sendiri. Buatlah light painting yang ringan dan media yang menyediakan banyak cara untuk mengekspresikan diri Anda, jadi jelajahi dan lihat apa yang menarik bagi Anda dalam mengeksperesikan light painting