Berbagai macam teknik pencahayaan pada foto tentunya sudah banyak kita ketahui seperti arah cahaya, warna cahaya, dan bayangan cahaya yang mampu mempengaruhi hasil dan estetika cahaya pada foto itu sendiri. Dalam teknik arah cahaya sangat banyak yang bisa kita ketahui seperti top light, base light, cross light, back light, butterfly light, dll. Masing-masing posisi pencahayaan tersebut dapat mempengaruhi hasil foto dengan kesan yang berbeda-beda tergantung pilihan dari sang fotografer.

Sedangkan untuk warna cahaya bisa kita bedakan dengan 2 tone warna yaitu warm tone dan cool tone dimana perbedaan pada setiap foto yang dihasilkan akan memberi kesan yang berbeda juga. Selain warna cahaya, kita juga bisa melukis cahaya menggunakan teknik bulb dengan syarat pengaturan pada kamera ukuran shutter speed, ISO, dan aperture-nya harus diatur dengan teliti agar menghasilkan foto yang sempurna.

Selain arah cahaya dan warna cahaya, kita juga bisa bermain dengan bayangan. Berbeda dengan teknik foto lain yang memerlukan pencahayaan yang baik, bermain dengan bayangan hanya memerlukan cahaya yang minim agar menghasilkan bayangan yang kreatif dan memberikan kesan berbeda. Dengan bantuan Adobe Lightroom kita bisa mengeksplorasi kreatifitas dengan baik agar menghasilkan foto banyangan yang unik. Berikut ini beberapa foto yang diambil menggunakan kamera HP dan sudah dipoles dengan apik menggunakan aplikasi Adobe Lightroom.