• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Jaringan

Jaringan disini yang dimaksudkan merupakan Jaringan komputer,  jariangan komputer adalah sistem telekomunikasi yang terdiri dari sejumlah perangkat komputer/perangkat jaringan lainnya  yang dihubungkan ke perangkat lainnya dengan tujuan dapat membagikan informasi, dengan wired ataupun wireless. Sehingga dalam sebuah jaringan komputer akan terdapat peran server dan client, yaitu server adalah pihak pemberi atau pengirim layanan sedangkan client merupakan pihak yang meminta layanan. Tujuan adanya jaringan komputer yaitu penyebaran informasi lebih cepat.

Multimedia

Kata multi berarti banyak, dan kata media berarti sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu. Jika diartikan dari Multimedia sendiri merupakan suatu media yang terdapat kombinasi dari berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, gambar, video, audio, yang digunakan untuk menyampaikan informasi.

Jaringan Multimedia

Sehingga ketika kedua hal diatas digabungkan, pengertian dari jaringan multimedia adalah sejumlah perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain dengan mengkombinasikan teks, gambar, video, audio yang disambungkan secara wired maupun wireless sehingga dapat dilakukan komunikasi, navigasi, atau interaksi dalam tujuan penyebaran data atau informasi.

Lingkup dari multimedia sendiri yaitu pada:

  1. Teks, sekumpulan huruf yang dignakan untuk menyampaikan informasi
  2. Gambar atau grafik, bisa berupa foto, chart, dll
  3. Audio Digital, berupa hasil encode sinyal audio bentuk analog ke dalam bentuk digital.
  4. Video Digital
  5. Animasi, kumpulan gambar atau frame yang berbeda menghasilkan gerakan.

Multimedia Network Aplication

Multimedia Network Aplication atau sering disebut dengan continues media application karena pengirimannya secara real time dan continue> Beberapa contoh aplikasi multimedia networking, : yaitu

  1. Streaming Stored Audio/Video

Pada jenis ini  client melakukan request on demand terhadapat file audo atau video yang tersimpan pada server. Disana client client akan menerima data dari server secara terus menerus ketika memainkan video/audio yang dimintanya pada server.

Contohnya adalah youtube, disana kita dapat upload data video, dan melihat/ streaming video. Kemudian streaming audio ada joox, spotify, soundcloud, dll.

  1. Live Streaming Applications

Dimana penerimaan audio/video secara real time. Sehingga client tidak dapat mengkontrol server seperti mempause video atau audio.

Contohnya adalah Red5, live youtube, icecast. Dll.

  1. Real Time Interactive Audio/Video

Yaitu dimana client satu dengan klient lainnya diizinkan menggunakan audio atau video untuk berkomunikasi secara real time.

Contohnya, Line, dapat video call, free call, chat (mengirimkan teks), voice note (mengirim rekaman audio). Dan aplikasi lainnya.

 

 

DItulis: Gradis Ayuni // 4103161054 // 2 MMB B