Hai sobat! Tahukah kamu? Warna ternyata dapat memberikan pengaruh terhadap kondisi psikologi, emosi serta cara kita dalam bertindak. Warna sendiri merupakan spektrum tertentu yang ada di dalam suatu cahaya sempurna, yaitu cahaya yang berwarna putih. Dalam dunia fotografi, warna dapat menentukan suasana hingga makna dari sebuah foto. Dalam tulisan ini, saya akan membagikan informasi mengenai salah satu Teknik pencahayaan yaitu Cahaya Berwarna.

Teknik Cahaya Berwarna atau Coloured Lighting memanfaatkan penggunaan cahaya yang memiliki warna untuk memberi warna baik pada latar belakang foto, maupun untuk mengubah warna pada objek dalam foto. Teknik Cahaya berwarna termasuk kedalam salah satu Teknik pencahayaan kreatif. Berbagai alat dapat digunakan untuk mendapatkan efek cahaya berwarna. Bisa dengan menggunakan filter warna, atau menggunakan lampu RGB atau berwarna yang marak ditemui dipasaran.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Untuk memberi warna latar belakang pada foto, siapkan latar belakang yang kosong. Latar belakang yang digunakan bisa menggunakan latar belakang yang berwarna atau putih polos. Anda dapat menggunakan tembok yang datar sebagai latar belakang ataupun menggunakan kain yang dibentangkan. Selanjutnya, sorotkan lampu yang sudah dipasangi filter berwarna atau lampu RGB ke arah latar belakang. Atur sedemikian rupa hingga posisi sorotan warna sudah pas dan sesuai dengan keiinginan. Selain untuk memberi warna pada latar belakang, Teknik Cahaya Berwarna juga bisa digunakan untuk menambahkan atau mengubah warna pada objek di dalam foto. Gunakan lampu yang sudah dipasangi filter berwarna atau dengan lampu RGB, lalu sorotkan ke arah objek.

Untuk memperkuat kesan yang ingin dihasilkan, kombinasikan dengan prinsip-prinsip arah cahaya yang sesuai dengan keinginan. Selain itu pemilihan warna juga dapat mempengaruhi suasana, dan kesan yang ingin dihadirkan dalam foto. Sebagai contoh warna merah yang melambangkan kekuatan, agresif, dan romantisme, kemudian warna biru yang melambangkan kesan tenang, dan peercaya diri, dan warna-warna lainnya. Mengombinasikan beberapa warna yang tepat juga dapat digunakan untuk menghasilkan warna yang unik. Contohnya, kita dapat menggabungkan beberapa filter warna seperti warna merah dan biru untuk menghasilkan warna ungu.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest