Jika berbicara tentang pencahayaan (lighting) dalam fotografi, maka hal ini tidak terlepas dari teknik atau cara yang digunakan dalam memanfaatkan sumber cahaya ketika memotret.

Teknik pencahayaan dalam fotografi ini sangat penting untuk dipelajari dan dilatih agar kemampuan kita dalam dunia fotografi semakin terasah dengan baik.

Berdasarkan arah datangnya cahaya, teknik pencahayaan (lighting) dalam fotografi terbagi menjadi banyak jenis. Namun secara umum terdapat tujuh jenis teknik dasar pencahayaan yang dikenal dan seringkali digunakan saat memotret yaitu front lightoval lightside lightrim lightback lighttop light, dan ray of light.

Untuk artikel saat ini saya akan membahas tentang front light terlebih dahulu.

FRONT LIGHT

Disebut juga pencahayaan dari depan. front light adalah ketika objek berada di depan sumber cahaya sehingga posisi Sahabat Fotografi membelakangi cahaya. Dengan posisi cahaya berada di depan, maka bagian depan objek akan terlihat sangat jelas.

 Teknik pencahayaan semacam ini cocok untuk Sahabat Fotografi yang ingin menampilkan detil objek secara menyeluruh secara biasa tanpa ada nuansa apapun.  Biasanya, cahaya akan diarahkan dari atas bahu jika objeknya orang.

Teknik ini memberikan kesan yang flat dan kecerahan yang merata, bagi sahabat fotografi yang mungkin baru mulai latihan untuk mengambil gambar maka front light adalah salah-satu Teknik pencahayan yang sangat umum dan mudah dipakai dengan alat yang sederhana juga

Sahabat fotografi bisa menggunakan senter biasa, dan mungkin memasang penutup seperti kain atau kertas berpola apabila sahabat fotografi mau memunculkan pola-pola tersebut pada gambar yang akan diambil demi memunculkan kesan yang dibutuhkan.

Berikut adalah beberapa foto yang sudah saya ambil untuk sahabat fotografi lihat, mungkin foto berikut bisa membuat sahabat fotografi lebih paham akan penjelasan diatas dan bisa langsung dilakukan percoba untuk mulai mengambil gambar untuk sahabat fotografi sendiri, karena percobaan adalah satu langkah penting untuk belajar.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Berikut merupakan contoh foto front light

Semoga penjelasan saya mudah dipahami dan trimakasih sudah membaca artikel ini, salam Hunters.