Sebelum membahas lebih lanjut mengenai multimedia jaringan, apa sih multimedia itu? konsep dasarnya seperti apa? dan kenapa multimedia? Jadi multimedia itu versi banyak dari monomedia simplenya media sendiri menurut KBBI merupakan alat komunikasi jadi kalua monomedia terdiri dari satu aplikasi, sedangkan multimedia merupakan kumpulan dari beberapa alat komunikasi. Dan multimedia jaringan sendiri definisi sederhananya merupakan sekumpulan alat komunikasi yang saling berkaitan contohnya dua orang yang saling bertelefon, yang merupakan multimedia dari kegiatan ini adalah telfon yang digunakan oleh dua orang tersebut untuk berkomunikasi dan jaringannya adalah sinyal yang ditransmisikan serta diterima pada saat proses telefon tersebut. Dari contoh sederhana tersebut sudah diketahui bagaimana konsep dasar dari multimedia jaringan itu sendiri yakni adanya beberapa alat komunikasi yang saling berhubungan melalui proses transiming dan penerimaan. Multimedia sendiri sangat erat dengan kehidupan kita sehari-hari untuk media komunikasi, hiburan, media pembelajaran dan masih banyak lagi.

 

Perkembangan multimedia di era digital saat ini membuat kinerja dari masyarakat lebih efektif. Perkembangan media komunkasi yang amat pesat membuat pengguna tak lagi merasakan mahalnya untuk sekedar telefon hanya karena takut pulsa mereka akan habis, sekarang hanya dengan paket data internet satu bulan yang banyak ditawarkan oleh berbagai macam provider dengan harga cukup terjangkau membuat telefon bisa menjadi lebih efisien melalui Whatsapp, Line yang merupakan social media yang sudah seperti menjadi suatu keharusan bagi seseorang untuk memilikinya.

 

Selain itu media hiburan saat ini tak hanya televisi dengan tayangan itu-itu saja sekarang dengan salah satu aplikasi dari multimedia jaringan yakni streaming pengguna dapat mengakses berbagai macam tontonan yang diinginkan baik secara live maupun recorded contohnya platform youtube yang sering diakses untuk menonton video serta live streaming, serta bisa melakukan komunikasi jarak jauh langsung dengan bertatap muka seperti aplikasi skype. Ternyata dari multimedia jaringan yang secara teoritical dan technical cukup rumit tersebut cukup dekat dengan kehidupan kita sehari- hari.

 

Referensi :

https://www.mi.fu-berlin.de/inf/groups/ag-tech/teaching/2011-12_WS/L_19531_Telematics/11_Multimedia-Networking.pdf

http://www.newagepublishers.com/samplechapter/001697.pdf