Cahaya merupakan elemen penting dalam fotografi karena fotografi merupakan teknik melukis cahaya. Sumber cahaya yang digunakan dapat berbagai macam, dan kualitasnya pun berbeda-beda. Untuk menggunakan cahaya dengan maksimal juga diperlukan teknik agar hasilnya juga maksimal. Dalam melihat kualitas cahaya yang terpenting adalah highlight dan shadow karena berpengaruh dengan arah cahaya. Salah satu arah cahaya yaitu Front Light.

Sebenarnya, kita sering loo menggunakan arah cahaya Front Light pada kehidupan sehari- hari, tapi mungkin kalian tidak menyadarinya. Apa itu Front Light? Front Light artinya sumber cahaya ada di depan obyek yang di foto sehingga biasanya sumber cahaya ada di belakang kamera. Cahaya depan bisa datang lurus terhadap obyek, seperti kalau kita menghadap ke matahari saat sunrise di pantai. Cahaya depan juga bisa membentuk sudut, seperti saat kita menghadap matahari jam 10 siang. Dengan flash, kita bisa membuat front light tepat di depan wajah atau membentuk sudut terhadap wajah. Mayoritas foto dihasilkan dengan sumber cahaya yang ada di depan subyek. Teknik pencahayaan semacam ini cocok untuk fotografer- fotografer yang ingin menampilkan detil objek secara menyeluruh secara biasa tanpa ada nuansa apapun.  Biasanya, cahaya akan diarahkan dari atas bahu jika objeknya orang.

Ciri- ciri hasil foto Front Light, antara lain :

  1. Cahaya mengenai seluruh sisi wajah. Bayangan yang terbentuk memberikan kesan memperlebar fitur wajah.
  2. Akan lebih efektif jika cahaya tersebut seimbang dengan sumber cahaya kedua yang berada di sisi berlawanan.
  3. Biarkan sumber cahaya tersebut atau main light tetap menyala sehingga anda bisa melihat bagaimana bayangan yang terbentuk.
  4. Cahaya mengenai seluruh sisi wajah. Bayangan yang terbentuk memberikan kesan memperlebar fitur wajah.

Kekurangan yang dimiliki dari penggunaan teknik front light ini yaitu objek utama akan terkesan datar (flat) atau tanpa dimensi. Kelebihan yang dimiliki dengan menggunakan teknik frontlight ini yaitu kita dapat memperoleh informasi warna yang dimiliki oleh objek yang kira potret.