• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Tidak terasa kini telah memasuki minggu ketiga saya menjadi anak magang atau melaksanakan kerja praktik di Radio Suara Muslim. Kini saya telah semakin akrab dengan para karyawan Radio Suara Muslim. Rutinitas dihari senin masih sama seperti sebelumnya yaitu, melaksanakan briefing bersama tepat pukul 09.00WIB. Kemudian kegiatan saya lanjutkan dengan mengerjakan beberapa pekerjaan saya yang telah diberikan dihari sebelumnya. Kegiatan pertama saya dipagi hari setelah briefing selesai adalah editing foto narasumber yang telah saya kumpulkan sebelumnya. Tugas ini merupakan tugas jangka panjang yang bertujuan untuk membuat bank foto dokumentasi narasumber seperti yang telah saya jelaskan pada tulisan saya sebelumnya.

Kemudian di siang hari, saya mendapatkan tugas kelompok sekaligus  tugas jangka panjang untuk membuat video animasi perkenalan visi misi Radio Suara Muslim. Disini saya mengerjakan tugas animasi ini Bersama teman magang saya yang bernama I’in. Saya mulai membuat asset yang dibutuhkan untuk video animasi.

Dihari berikutnya, saya masih mengerjakan tugas membuat video animasi. Pada pembutan video ini diperlukan ketelatenan serta inspirasi yang baik. Beberapa kali saya mengalami kesulitan dalam pembuatan animasi ini seperti, penggunaan tools yang sesuai. Saya mencoba memecahkan masalah atau kesulitan tersebut dengan melihat tutorial melalui internet. Pada hari Selasa ini saya juga mendapatkan tugas tambahan untuk membuat poster program siaran. Poster harus saya selesaikan secepat mungkin karena akan di publikasikan sekitar 2 jam kemudian.

Pada hari Rabu untuk pertama kalinya saya merasakan pengalaman bekerja di luar kantor pada saat saya magang di Radio Suara Muslim. Radio Suara Muslim memiliki program acara talkshow yang bernama “Oase Bangsa”. Acara ini merupakan acara talkshow seputar kebangsaan yang menghadirkan tokoh kebangsaan maupun politikus. Tujuan dari acara ini adalah untuk menumbuhkan jiwa nasionalis serta pemahasan seputar isu atau masalah kebangsaan untuk para pemuda. Pada Oase Bangsa kali ini tema yang diangkat adalah “Aspirasi Umat” yang dilaksanakan di Universitas Muhamadiyah Sidoarjao. Dimana pembahasan acara seputar pada bagaimana kriteria seorang pemimpin yang diharapkan umat. Saya berugas untuk menjaga registrasi serta mengarahkan peserta undangan serta peserta pendaftar dari Oase Bangsa. Tetapi yang sangat disayangkan dari acara ini adalah kebanyakan peserta dari Oase Bangsa bukan para anak muda atau para mahasiswa melainkan orang-orang aktivis yang berusia yang berusia 40 hingan 60 tahun. Kita para anak muda yang seharusnya lebih menyadari serta peduli dengan isu atau masalah kebangsaan yang ada disekitar kita.