Light painting photography.

Light painting photography merupakan teknik photography menggunakan low shutter speed dan meluki menggunakan cahaya. Hal ini menurut saya sangat menarik karena dalam fotografi kita bisa meluki menggunakan cahaya dan bisa berkreasi sesuka hati kita. Melukis dengan cahaya menurut saya juga memiliki kesan menghadirkan suatu karya didalam kegelapan. Kita membutuhkan kesabaran dalam memfoto light painting karena kita tidak dapat melihat secara langsung proses dalam memfoto light painting. Maka kita juga harus pintar mengira-ngira dalam melukis dengan sumber cahaya.

Untuk menerapkan seni fotografi yang berupa teknik light painting pada fotografi ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan :

  1. Dalam teknik light painting pada fotografi ini, hal pertama yang perlu dipersiapkan yakni kamera dengan kontrol manual yang sudah dilengkapi mode bulb. Langkah ini perlu dilakukan mengingat nantinya waktu exposure dimungkinkan akan lebih di atas 30 detik.
  2. Selain itu, hal yang perlu dipersiapkan yakni tripod. Namun, alat ini opsional saja, hanya saja untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik maka tripod diperlukan.
  3. Kemudian, siapkan lampu senter atau flash eksternal pada smartphone sebagai sumber cahaya.
  4. Persiapan alat terakhir untuk mencoba teknik light painting pada fotografi ini yaitu shutter release. Atau, kawan-kawan bisa meminta tolong teman untuk memencet tombol shutter.

Nah, jika beberapa alat sudah dipersiapkan maka teknik light painting pada fotografi selanjutnya yaitu penerapannya. Antara lain sebagai berikut :

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan dalam mengawali teknik light painting pada fotografi ini yaitu memilih lokasi yang gelap, bisa dalam ruangan atau di luar ruangan.
  2. Lalu, putuskan mana obyek yang akan disinari kemudian tentukan pola sinar yang akan dibuat. Alternatif lain adalah memotret pola sumber cahaya, kawan-kawan bisa menggunakan lampu senter untuk menulis kata atau meniru bentuk tertentu.
  3. Jangan lupa juga bahwa dalam menerapkan teknik light painting pada fotografi ini untuk menyetel pengaturan di posisi bulb mode.
  4. Gunakan aperture yang moderat, yaitu pada kisaran antara f/4 hingga f/8.
  5. Setelah itu, minta tolonglah kepada teman untuk menekan tombol shutter sesuai dengan waktu exposure yang dibutuhkan. Atau menggunakan remote kamera  jika memilikinya
  6. Menginjak pada tahapan teknik light painting pada fotografi ,mulailah untuk menerangi beberapa titik pada obyek foto dengan senter. Selain itu, kawan-kawan juga bisa membentuk sebuah pola unik menggunakan senter atau flash eksternal sesuai keinginan.
  7. Di sisi lain, saat menerapkan teknik fotografi ini, sangat dianjurkan untuk tidak berdiri dengan posisi berada di antara sumber cahaya dan lensa karena jika hal ini terjadi maka hasil fotonya nanti akan terdapat siluet.
  8. Selain itu, untuk mendapatkan hasil cahaya yang lebih smooth maka lama penyinaran antara satu titik ke titik yang lain dilakukan dalam kisaran atau kurun waktu yang sama.
  9. Jika sudah maka lepaskan tombol shutter dan lihat hasil fotonya. Apabila dirasa masih kurang puas maka lakukan beberapa kali. Memang, menerapkan teknik light painting pada fotografi ini membutuhkan ketepatan waktu exposure yang bagus dan sesuai dengan sumber kekuatan cahaya yang dipancarkan untuk melukis.

Berikut adalah contoh foto light painting photography

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Sumber :  https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.hipwee.com%2Flist%2Fkeren-begini-teknik-foto-light-painting-yang-kece-banget%2F&psig=AOvVaw2w4jagCCYT5UldE_EEo2fo&ust=1622212678692000&source=images&cd=vfe&ved=0CAMQjB1qFwoTCJjcm6uL6vACFQAAAAAdAAAAABAD

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Sumber : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.harjasaputra.com%2Fcerita-foto%2Fmencoba-teknik-foto-light-painting-ekstrim-dengan-api.html&psig=AOvVaw2w4jagCCYT5UldE_EEo2fo&ust=1622212678692000&source=images&cd=vfe&ved=0CAMQjB1qFwoTCJjcm6uL6vACFQAAAAAdAAAAABAJ