Sebelum kita menjepret gambar atau foto dengan komposisi warna, yuk kita pahami Arti, Fungsi, Serta Penggunaan Komposisi Warna Dalam Fotografi!

Arti, Fungsi, Serta Penggunaan Komposisi Warna Dalam Fotografi

Memahami warna dalam fotografi merupakan sebuah hal yang sangat penting. Sebab, ini akan menjadikan sebuah bekal kalian dalam menciptakan kesan terhadap foto yang akan kalian buat.

Banyak orang di luaran sana banyak yang asal-asalan dalam melakukan editing foto warna. Tidak memperhatikan komposisi warnanya, sehingga membuat warna foto menjadi tidak natural.

Berbicara tentang warna di dalam fotografi, sebelum kita membahas lebih jauh. Alangkah baiknya kita mengetahui apa sih itu warna ?

Apa Sih Itu Warna ?

Warna adalah merupakan spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan oleh panjang gelombang dari cahaya tersebut.

Warna juga salah satu elemen penting yang ada di dalam sebuah foto. Sudah menjadi kodrat manusia untuk tertarik pada warna ini, karena menurut psikologi warna dikenal sebagai sesuatu yang memiliki daya tarik yang tinggi terhadap emosi seseorang.

Seperti contoh ketika kalian memasuki ruangan yang putih, terasa akan laus dan damai, beda ketika kalain memasuki ruangan yang hitam gelap, terasa sunyi, hampa, dan menyeramkan.

Dalam ilmu psikologi sendiri warna dapat mempengaruhi mood seseorang ketika melihatnya. Karena warna memiliki kekuatan magis untuk mengubah suasana hati seseorang yang melihat dan merasakannya.

Fungsi Warna Dalam Fotografi

Di dalam fotografi sendiri warna memiliki peran penting utuk menghasilkan foto yang menarik perhatiaan. Adapun fungsi warna dalam fotografi sebagai berikut :

1. Memancing Perhatian

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manusia akan tertarik oleh warna.

Membuat komposisi yang bagus pada sebuah foto akan membuat mau tidak mau akan mengundang manusia untuk meliriknya.

Seperti contoh gambar kertas warna warni yang tertata rapi dibawah ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

2. Mood

Salah satu hal yang bisa dibangkitkan dari diri manusia ketika melihat warna adalah moodnya atu biasa disebut gairah. Setiap warna akan membangkitkan mood yang berbeda.

Contoh warna yang bisa membuat mood seseorang bertambah adalah ketika kalian melihat warna biru, hati kalian akan merasakan ketenangan, kedamaian. Berbeda dengan ketika kalian melihat warna hijau, hati kalian akan merasakan kesegaran, fresh dari dalam diri kalian.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Bagaimana Cara Membuat Komposisi Warna Fotografi ?

Tentunya ketika kita telah mempelajari arti sebuah warna, fungsi warna dalam fotografi. Tentunya kita juga harus mengetahui bagaimana sih cara membuat komposisi warna yang baik di dalam fotografi.

Namun semua itu kembali ke dalam diri kita masing-masing. Sebenarnya sih tidak ada patokan standar. Tidak ada komposisi warna yang bisa dianggap sebagai terbaik atau yang paling baik dibandingkan dengan yang lain.

Semuanya tergantung selera kalian masing-masing ketika memotret

Meskipun demikian ada beberapa patokan sederhana menurut saya yang bisa kalian terapkan ketika kalian sedang mengambil sebuah foto.

1. Gunakan Cool Colors

Cool Colors adalah warna yang dimana bisa membuat mood seseorang ketika melihatnya menjadi tentram, damai, tenang, dan menyegarkan.

Warna-warna ini adalah biru, hijau, dan violet

Adapun contoh hasil foto yang menggunakan cool colors ini seperti contoh dibawah ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

2. Gunakan Warm Colors

Warm Colors adalah warna yang dimana bisa membuat mood seseorang ketika melihatnya menjadikan mata mereka tertuju ke objek tersebut.

Seperti contoh gambar senja dibawah ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Warna warm colors sendiri yaitu merah, kuning, orange. Tidak hanya tentang warna yang harus diperhatikan dalam fotografi, tetapi juga tentang pencahayaan dalam fotografi. Karena, pencahayaan merupakan salah satu faktor penting juga dalam fotografi.

3. Gunakan Complementary Colors

Komposisi Warna Fotografi
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Complementary Colors atau biasanya disebut dengan warna pelengkap adalah gabungan antara warna yang saat dipadukan akan saling membatalkan satu sama lain.

Contohnya seperti teori yang ada dibawah ini

Di dalam teori ini, jika sebuah objek sudah memiliki warna dasar semisal orange, maka background sebisa mungkin harus warna turunannya yaitu biru.

Bagaimana Cara Mendapatkan Warna Yang Menarik Dalam Fotografi ?

1. Gunakan Exposure Yang Pas

Menggunakan Exposure yang pas harus selalu diperhatikan dan dijaga dari seorang fotografer. Karena ketika foto tersebut over exposure maka sedetail apapun warna tidak akan kalian dapatkan.

Ketika kalian mengambil foto di dalam ruangan, usahakan foto jangan sampai kelebihan cahaya atau terlalu under.

2. Atur White Balance Yang Pas

White Balance adalah pengaturan kamera yang sering disepelekan. Ketika kalian memotret menggunakan mode jpg, maka kalian tidak boleh asal dalam mengatur white balance ini. Sebab akan mengakibatkan warna foto menjadi aneh.

Ketahuilah kondisi lingkungan yang akan kalian jadikan objek untuk foto

Namun kalian dapat mengatur white balance nanti ketika di post processing, ketika kalian menggunakan file RAW selama memotret.

3. Gunakan Mode RAW saat Memotret

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kamera digital jaman sekarang memiliki kemampuan merekam suatu gambar menggunakan sensor digital.

Sensor itu ketika disetting untuk merekam dengan menggunakan mode RAW, maka semua data mentah yang direkam akan tidak dibuang begitu saja. Tetapi, disimpan di file foto itu sendiri

4. Gunakan Monitor Yang Memiliki Kalibrasi Yang Baik

Di dalam fotografi sendiri ketika bermain dengan warna harus dilakukan dengan serius dan tidak boleh main-main. Jika saat ini kalian masih menggunakan kalibrasi yang biasa-biasa saja, maka untuk saat ini upayakan mengganti dengan kalibrasi warna yang stabil.

Ketika kalian menggunakan kalibrasi warna yang stabil akan membantu kalian dalam editing video. Karena, kalibrasi yang baik akan membuat foto menjadi maksimal.

5. Jangan Terlalu Berlebihan Dalam Melakukan Editing Video

Untuk yang terakhir, ketika kalian melakukan editing video saran saya jangan terlalu berlebihan. Upayakan file utama sudah matang di kamera, Sehingga kalian akan mudah dalam melakukan editing di aplikasi photoshop ataupun lightroom.

Ketika berlebihan dalam melakukan editing foto akan membuat foto terkesan tidak natural.

Selamat Mencoba 🙂