Human Brain Concept Logic And Creative Vector Photo-realistic.. Royalty  Free Cliparts, Vectors, And Stock Illustration. Image 104237425.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dunia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat baik dari segi media dan pembelajaran. Perkembangan yang pesat tersebut dapat memiliki manfaat yang positif apabila digunakan dengan baik dan benar. Saat ini banyak game atau media lain yang hanya memfokuskan dirinya sebagai media hiburan, namun di sisi lain game juga bisa menjadi media interaktif untuk pembelajaran. Oleh karena itu perlunya pengembangan dalam segi edukasi dengan menggunakan media interaktif . 

Salah satu media yang akan dibahas kali ini adalah media game sebagai tools atau alat untuk pembelajaraan. Media tersebut adalah game. pada saat ini banyak game di pasaran yang hanya menjunjung tinggi hiburan. Hal tersebut menjadi tantangan bagi para orang tua dan guru karena anak anak pada zaman sekarang sering kali lalai akan hal tersebut yang mana juga berdampak pada penurunan minat belajar dan juga stigma tentang game yang memberikan pengaruh negatif juga masih banyak di masyarakat 

Game sebagai media pembelajaran merupakan inovasi yang sudah ada sejak dulu namun kalah pamor dengan yang lain. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman sekarang para developer berlomba – lomba untuk membuat inovasi baru pada media interaktif ini. game edukasi adalah permainan yang dibuat dengan tujuan pembelajaran yang bukan hanya bermaksud menghibur sehingga diharapkan bisa menambah wawasan pengetahuan. (Novia Desta: 2016). Pada zaman sekarang ilmu apapun bisa dijadikan sebagai game edukasi, tak hanya edukasi untuk anak anak, namun juga terdapat game edukasi yang dikhususkan untuk kalangan remaja maupun pekerja. 

Sebagai contoh, ada game yang mengimplementasikan logika untuk anak anak tingkat sekolah dasar dan menengah yang mana hal ini cukup baik untuk dikembangkan karena pada saat memainkan game tersebut anak anak tadi tidak hanya bermain namun disini mereka juga memakai logika mereka untuk menyelesaikan tantangan pada game tersebut.

Terlepas dari berbagai masalah yang menghadapi, game tetap akan berkembang dan akan juga memiliki dampak positif. Dalam kasus ini, tidak hanya para developer yang turut andil namun peran serta masyarakat dan keluarga yang dapat membuat media pembelajaran ini terus berkembang ke depannya.

Daftar Pustaka 

Bakan, Uğur & Bakan, Ufuk. (2018). Game-Based Learning Studies in Education Journals: A Systematic Review of Recent Trends. Actualidades Pedagógicas. 119-145. 10.19052/ap.5245. 

Bohrer, Brandon & Platzer, André. (2020). Constructive Game Logic. 10.1007/978-3-030-44914-8_4. 

Gallego-Durán (2017) A Game-Based Learning Activity for Teaching Logic Thinking and Programming. International Journal of Engineering Education. 2017, 33(2B): 807-815

Maja Pivee (2003, July) Aspect of Game Based Learning. 

4210181030
Raka Arya Pratama – 3 D4 Teknologi Game

Mata Kuliah Bahasa Indonesia