Dalam dunia berita, terdapat tiga jenis berita yang turut mempengaruhi pembawaan seorang dubber dalam menyajikan suatu berita. Tiga jenis tersebut diantaranya :

  • Soft News

Berita soft news adalah berita yang dari segi struktur penulisan relatif lebih luwes, dan dari segi isi tidak terlalu berat. Soft news umumnya tidak terlalu lugas, tidak kaku, atau ketat, khususnya dalam soal waktunya. Pembacaan berita ini dapat dilakukan dalam tempo yang santai dan tidak tergesa-gesa.

  • Hard News

Berita hard news adalah berita yang aktual dan harus segera disiarkan, karena karena akan cepat basi ababila penyiarannya ditunda. Dalam pembaawaanya pun harus tegas dan cepat, seolah menggambarkan ketegangan berita yang disampaikan.

  • Feature

Feature merupakan peliputan mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca. Untuk pembacaannya harus lebih santai dan fleksibel dengan meberikan kesan subjektif didalamnya.

Pada minggu kedua ini, saya mendapat tugas untuk melakukan Dubing dan Editing Audio. Pada proses dubbing, hal yang harus dipersiapkan pertama kali adalah mic dan kamera. Dynamic Mic dihubungkan pada kamera dengan menggunakan kabel dengan input CH1, baik untuk Mic maupun Memory. Setlah menyalakan kamera, tekan tombol record pada kamera dan mulai lakukan perekaman audio.

Untuk proses editing, tugas yang saya lakukan adalah berupa CUT and SILENCE Audio. Saya menggunakan Software Adobe Audition CC 2017 dalam melakukan editing. Langkah yang harus dilakukan setelah melalukan dubbing, yakni memindahkan file dari kartu memori menuju pada folder PC yang telah disediakan menurut tahun, bulan dan tanggal yang ada. Setelah itu, barulah saya memasukkan file tersebut pada Adobe Audition dengan cara drag and drop. Klik 2 kali pada file yang telah tersedia untuk membuka tampilan audio yang ada agar bisa melakukan proses editing.

Awali proses editing dengan terlebih dahulu mendengarkan hasil recording. Cut bagian-bagian yang salah dengan cara memblok bagian tersebut dan menghapusnya (DELETE). Perhatikan jarak antar alinea yang ada, jangan sampai terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Jarak antar alinea bisa diatur dengan men-silence jeda yang ada. Apabila terlalu cepat, jeda dapat ditambahkan dengan cara copy-paste jeda yang telah ada sebelumnya. Silence ini bertujuan untuk menghilangkan noise yang ada pada proses dubbing seperti ketika pengambilan nafas.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

                   Screenshot Silence Audio

Perhatikan pula volume dubber pada saat membacakan berita, jangan sampai terlalu keras ataupun terlalu pelan. Jaga volume audio pada batas kurang lebih -6dB dengan cara setting volume. Setelah selesai, simpan file dengan format (Nama Wartawan)_(Judul Berita)_(Lokasi) pada folder yang telah disipakan sebelumnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

                       Screenshot Save File

Berikut adalah salah satu contoh hasil dub dan editing yang telah saya kerjakan:

Hasil juga dapat dilihat pada video yang telah dunggah di Youtube: