MNC merupakan suatu  merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang media yang berpusat di Jakarta, Indonesia, didirikan pada tahun 1997. Pada sektor media yang dioperasikan melalui anak usaha Global Mediacom atau dikenal sebagai MNC Media, MNC Group adalah pemilik media terbesar dan paling terintegrasi di Asia Tenggara dengan portofolio yang terdiri dari 4 (empat) stasiun TV nasional Free-To-Air (FTA): RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews serta 20 channel yang disiarkan di TV berlangganan MNC Channels. RCTI, MNCTV dan GTV berfokus pada program hiburan, sedangkan iNews berfokus pada penayangan program berita dan olahraga. iNews merupakan TV nasional berjaringan terbesar yang terdiri dari 60 TV lokal yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada kerja praktik ini, saya dan teman-teman ditempatkan pada program siaran Berita Seputar iNews Yogyakarta. Kami ditempatkan pada devisi produksi, yang dimana lingkup kerja kami berfokus pada bagian editing audio dan video.

Pada minggu pertama ini, kami dikenalkan dan diajarkan mengenai pekerjaan apa saja yang ada dibagian produksi. Tidak banyak hal yang rumit untuk dipelajari pada bagian ini. Beberapa devisi yang terdapat dalam program Seputar iNews Yogyakarta ini meliputi :

  • Produser

Bertanggungjawab membuat rundown playlist studio serta mengoprasikannya. Selain itu, produser juga bertanggugjawab untuk memilih dan mengedit naskah yang dikirimkan oleh kontributor melalui email resmi Seputar iNews Yogyakarta.

  • Administrator

Bertanggungjawab pada penyediaan segala keperluan kantor dan surat menyurat. Berkoordinasi langsung dengan pusat mengenai masalah administrasi, keuangan, dan ketersediaan perlengkapan kantor.

  • Program Director

Bertanggungjawab pada kesiapan studio yang akan dgunakan untuk tapping besarta segala crew yang dibutuhkan. Melakukan set up studio dan memastikan bahwa semua keperluan tapping telah tersedia dengan baik (lighting, camera, promter, backdrobe, dll)

  • Audioman

Bertanggungjawab dalam proses recording audio untuk Voice Over dan pengeditannya. Selain itu, Audioman juga bertanggungjawab untuk memastikan kualitas audio pada saat proses tapping.

  • Editor dan Grafis

Bertanggungjawab untuk mengedit video yang dikirimkan oleh kontibutor sesuai dengan naskah yang telah dipilih dan diedit oleh Produser.

Setelah mempelajari dan mengenal setiap job yang ada, kami pun mulai ditugaskan untuk menghandle salah satu dari beberapa job yang ada.