Bagi mahasiswa PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) pasti mengetahui jika Kerja Praktek merupakan salah satu kegiatan wajib bahkan termasuk ke dalam syarat kelulusan untuk di kampus ini. Kerja Praktek sendiri yang lebih sering dikenal sebagai Magang (Internship) adalah pelatihan kerja biasanya dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir. Kerja Praktek menjadi ajang para mahasiswa PENS untuk menerapkan ilmu yang telah mereka dapatkan selama perkuliahan serta mengasah skill mereka di bidang yang mereka inginkan.

Selain itu, Kerja Praktek juga salah satu kegiatan yang rata-rata mengajak mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan, beradaptasi dengan lingkungan kerja, menghadapi permasalahan saat Kerja Praktek berlangsung. Kerja Praktek dilakukan agar mahasiswa siap dengan lingkungan kerja yang memang berbeda keadaan saat masa kuliah. Durasi Kerja Praktek di kampus PENS berkisar 1 hingga 3 bulan, untuk beberapa jurusan D3 sebagian masih berdurasi 1 bulan. Terlebih, bagi salah satu jurusan di PENS yakni D3 Multimedia Bradcasting memulai melakukan Kerja Praktek pada periode bulan Juli sampai bulan Agustus yang memang ramai mengumumkan Internship.

Namun kerja Praktek tidak begitu saja dilakukan, sebelum itu mahasiswa harus menyiapkan daftar perusahaan yang akan mereka tuju dan menyiapkan Proposal Kerja Praktek. Untuk menghindari pengumuman diterima atau ditolak yang terlalu lama, mahasiswa bisa mengirimkan Proposal  Kerja Praktek yang sudah bertanda tangan beberapa bulan sebelum periode Kerja Praktek dilaksanakan.

Nah, salah satu perusahaan yang Open Internship pada periode tersebut adalah Zigital. Zigital didirikan oleh Zidni Kadir Ilmansyah di awal tahun 2017 lalu. Zigital sendiri merupakan sebuah agensi yang berjalan dibidang digital dan teknologi, serta berfokus pada pemasaran digital atau Digital Marketing. Zigital juga menjadi perintis tampilan teknologi holo. Kantor Zigital berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Bali. Saat itu pihak Zigital tengah membuka 3 lowongan Magang, yaitu Marketing Assistant, Copywriter, serta Graphic Designer. Anda juga bisa mengunjungi website Zigital di sini.

 

Minggu ke 2 »