Guru ngaji di surau dulu, saat kita masih kecil menceritakan tentang makna keberadaan Allah. Allah melihat apa saja yang kita kerjakan. Nanti di hari akhir, akan diperlihatkan itu semua tentang amal-amal kita, semua tingkah laku kita. Perilaku yang baik maupun yang buruk.

Tidak ada yang bisa membantah. Karena mulut sudah terkunci. Anggota tubuh lainnya menjadi saksi

Waktu itu, Ya Waktu kecil itu, hanya keimanan yang bisa membenarkan itu semuanya. Tapi dalam pikiran masih bertanya. Bagaimana cara Allah untuk senantiasa memonitor. Dan bagaimana catatan-catatan itu tidak pernah penuh bukunya?

Sahabatku, teknologi abad ini sudah menjawab itu semuanya. GPS bisa menunjukkan posisi kita sekarang, ada dimana dan dari mana saja. Kita tidak bisa membantah e-tilang misalnya, karena kita sudah melanggar marka jalan. Karena CCTV merekam posisi kendaraan kita.

Belum lagi kita membahas kecepatan akses data. Bagaimana Allah dan malaikatnya tidak repot mengurusi manusia milyaran ini? Lagi-lagi teknologi sekarang dengan cloud computingnya dan big datanya menjawab itu semua.

Allah sudah menerapkan ini semua, sejak manusia lahir. Kita semua dalam pengawasan dan semua terekam. Sudah siapkah kita dengan amal-amal kita? Mari, momentum ramadhan ini kita optimalkanDengan amal-amal terbaik kita

#ODP#PDP#BelajarDariCovid19#SelamatHariPendidikanNasional#2MEI2020#KiHajarDewantara#SemangatBersamaMembangunPeradapanBangsaRI