Apa sih itu Copywriter?

Berpikiran seperti ini memang tidak mengejutkan karena jobdesc tersebut dulu memang dipandang sebelah mata. Sekarang, dengan ditunjang teknologi seperti smartphone, internet, laptop, dan lain sebagainya, Copywriter menjadi incaran banyak pihak. Apalagi bagi mereka yang suka membaca banyak sumber pengetahuan dan suka menulis. Jadi, Copywriter adalah seseorang yang menulis teks untuk melakukan promosi atau pemasaran terhadap suatu brand atau produk, bahkan jasa.

Copywriter harus pandai untuk membuat kalimat bersifat persuasif dengan tujuan mengajak target audience untuk membeli produk atau menikmati jasa mereka. Pekerjaan ini tidak kenal waktu dan sering dihadapkan oleh tekanan seperti adanya batas waktu pengumpulan, ide, target publikasi, dan lain sebagainya.

Bedanya dengan Content Writer?

Sedang jika Content Writer adalah seorang yang menuliskan sebuah artikel bersifat informatif, jelas dan berisikan beberapa fakta sebagai pendukung isi artikel. Artikel ini ditulis dengan tujuan memberitahu para pembaca tentang sebuah topik. Berbeda dengan Copywriter, terlihat dari tujuannya. Dapat disimpulkan, jika Copywriter berfokuskan pada promosi dan pemasaran, maka Content Writer berfokuskan untuk menginformasikan, memberitahukan sebuah topik tertentu seperti tentang tanaman herbal untuk kencing manis, mengonsumsi junk food, dan lain sebagainya.

Tema Copywriter yang sedang hangat merupakan tentang Digital Marketing. Pemasaran Digital atau Digital Marketing merupakan salah satu taktik marketing (pemasaran) suatu brand atau produk yang memanfaatkan media digital seperti radio, televisi, internet, mobile, sosial media dan media digital lainnya.

Saya mengerjakan artikel dengan topik Digital Marketing ini pada minggu kedua pelaksaan Kerja Praktek dan dapat saya selesaikan dengan durasi 1 hari. Pembuatan artikel ini cukup sulit bagi saya karena saya sebagai seorang Copywriter bukan sebagai Content Writer.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Proses Pengerjaan Artikel Tentang Digital Marketing.

 

« Minggu Pertama
Minggu ke 3 »