Perguruan Tinggi di indonesia saat ini tidak hanya cukup puas dapat akreditasi Program studinya dapat B atau bahkan A termasuk akreditasi institusinya dapat B atau A. Kementrian Ristekdikti saat ini banyak melakukan beberapa pemeringkatan,di Direktorat Kelembagaan dan Iptek memiliki pemeringkatan tatakelola perguruan terbaik di kategori perguruan tinggi akademik dan Politeknik di lingkungannya, world class university dan seterusnya. Di Direktorat Belmawa juga demikian perengkingan PKM,PMW,mawapres dan masih banyak lagi. Demikian juga di Sesditjen  kemenristekdikti juga melakukan perengkingan untuk pengelolaan media informasi di perguruan tinggi seperti pemeringkatan web portal hingga media sosialnya dan masih banyak lagi pemeringkatan lainnya.

Pemeringkatan yang tidak kalah populernya saat ini     Pemeringkatan Universitas Dunia Webometrics (Inggris: Webometrics Ranking of World Universities).  Webometrics Adalah  inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di Situs Web.

Alhamdulillah, PENS sudah kembali lagi diperingkat 1 webometrics  kategori Politeknik Se-Indonesia, peringkat ke-42 webometrics perguruan tinggi se-Indoneisa, setelah sejak 2013 ada perubahan domain PENS yang semula eepis-its.edu menjadi pens.ac.id. Terima kasih spesial buat pak Akhmad Alimudin sebagai ketua webometrics yang luar biasa dan timnya: pak Syauqi Ahsan, pak Aliv Faizal Muhammad dst…atas kerja cerdas, kerja keras, kerja ikhlas dan kerja tuntasnya hingga target program kerjanya  nanti minimum  bisa masuk 10 besar webometrics di perguruan tinggi se-Indoensa.

http://www.webometrics.info/en/ASIA/INDONESIA