Hai sobat, tau gak sih di zaman modern ini mesti kita butuh banget yang namanya gadget. Bagaimana tidak ? untuk komunikasi saja misalnya, kita membutuhkan suatu alat komunikasi untuk memudahkan kita menghubungi keluarga, kawan jauh, sahabat lama kita, atau siapapun itu. Sebenarnya gadget itu apa sih ? Gadget adalah salah satu alat komunikasi dari hasil perkembangan teknologi saat ini. Tentunya, gadget masih berhubungan erat dengan yang namanya multimedia. Hal ini dibuktikan dengan adanya gadget bisa memberikan dan menukarkan informasi berupa gambar, audio, video, text, document, dan lain sebagainya. Coba deh sejenak kita berpikir, hal pertama kali yang terngiang dalam otak kita ketika mendengar kata multimedia biasanya berhubungan dengan video, gambar, dan banyak macamnya. Nah, sebenarnya multimedia itu tidak sekedar itu sob, kamu tau tidak ? papan tulis bisa dibilang sebagai salah satu alat multimedia. Kenapa bisa begitu ? Dilihat dari kata ‘multi’ yang mengandung arti banyak dan ‘media’ yang dapat diartikan suatu alat yang dapat membantu kita atau memudahkan kita dalam beraktifitas. Berarti bisa apa saja dong multimedia itu ? Jadi multimedia itu tidak hanya mencakup tentang video dan gambar aja sob, tapi benda-benda disekililing kita juga bisa disebut sebagai multimedia.

Tentunya, di era globalisasi sekarang ini, multimedia memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat dalam menjalankan aktifitasnya membutuhkan berbagai media atau alat yang dapat memudahkannya. Selain sebagai media komunikasi massa bagi masyarakat, multimedia juga dapat membuat masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam update informasi masa kini.

Kali ini, saya ingin membahas tentang media streaming youtube. Tau gak sih sob, salah satu fitur dari perkembangan teknologi multimedia selain gadget adalah media streaming youtube. Sepertinya, youtube sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat dunia saat ini. Youtube adalah salah satu media sosial yang cukup popular dan banyak diminati oleh masyarakat. Youtube menggunakan media streaming sebagai pendukungnya. Lalu apa hubungan media streaming dengan youtube. Seperti yang sudah kita ketahui, dalam pemakaian dan penggunaan youtube, biasanya kita melihat tayangan suatu video pada youtube tersebut, dengan menuliskan key words yang kita kehendaki. Pada saat kita melihat video di youtube terjadi proses pengiriman media digital (berupa video, suara, dan data) agar bisa diakses secara terus menerus. Proses pengiriman ini bisa kita sebut dengan istilah streaming. Jadi tidak heran kalo kita bisa melihat berbagai jenis video yang kita inginkan di channel youtube. Karena disetiap penayangan video, terjadi proses pengiriman media digital.

Dari youtube kita bisa mendapatkan banyak manfaat sob, diantaranya adalah youtube dapat memberikan layanan gratis untuk menikmati dan mengakses video (asal ada sambungan ke internet ya), mengenalkan dan memasarkan produk kita, menguatkan branding suatu produk, dan masih banyak lagi manfaatnya. Namun diantara banyak video yang bermanfaat itu, kita perlu tau kawan ternyata juga ada video yang berpengaruh jelek untuk kita, misalnya video porno, video yang mengandung sara yang memacu ketidak rukunan atau sejenisnya. Jadi kita harus tau sob mana video yang bermanfaat untuk kita kedepannya, dan mana video yang mendatangkan kejelekan untuk kita. Jadi, selain teknologi yang selalu berkembang, jangan lupa upgrade keimanan kita agar bisa kuat mengahadapi pengaruh teknologi zaman sekarang.