• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Temen-temen, gimana kabarnya nih? semoga kalian para pembaca selalui sehat dan bahagia selalu ya, hehe..

Oiya tidak lupa mimin mau ngingetin kalian agar selalu bersyukur, tetep fokus pada tujuan dan jangan lupa agar selalu jaga kesehatan kalian ya, makan makanan yang bergizi, olahraga dan istirahat kalo udah capek biar ngga sakit. Mimin jadi inget nih salah satu kalimat yang selalu kuinget dari bang Dani.

Kenikmatan hidup paling nikmat di dunia ini adalah sehat karena apa pun yang kamu miliki di dunia ini tak akan kamu nikmati, jika kamu sakit.”

– Dani Kaizen

Yaudah gapake basa-basi lagi coba mimin kasih pertanyaan kepada kalian. Omong-omong nih, temen-temen pernah denger Faktor X ngga?

“ituloh ka yang di TV ato di yutub, ngadain lomba nyayi, aku liat tuh soalnya ada bang ariel :)”

“Gatau ka, kan saya cuma peduliin doi aja”

“Jelasin aja ka, hamba dah pusing mikirin tugas kuliah ama janji manis yang tak kunjung jelas kepastiannya huhuhu..”

Okeoke buat yang belum tahu nih, coba mimin berikan pengertian secara singkat yaa.. Faktor X adalah faktor unik yang melekat pada diri semua orang, tak terlihat namun dapat kita rasakan dalam kebiasaan kita sehari-hari. Faktor X selalu berbeda pada setiap individu, faktor unik bellum menjadi faktor X jika belum menemukan pintunya, maka temukan dan ketuklah pintu-pintu itu.

So… Kalian harus berusaha mencoba untuk mencari pintu tersebut, tentukan sikap kalian terhadap faktor tersebut karena sikap kalian terhadap “pintu” itu tercermin dari apa yang kalian dapatkan pada diri kalian masing-masing.

Faktor X ini akan sangat mempengaruhi kita dalam kehidupan dan kecenderungan kita dalam mengambil suatu tindakan. Pada awalnya faktor X tidak ada atau sangat kecil sekali, kita cenderung tidak mempedulikan bahkan hanya mendiamkan hal tersebut sehingga kita merasa tidak mengerti apa faktor yang melekat dalam diri kita sendiri, namun apabila kita tekun untuk menggalinya maka faktor X akan muncul sehingga kita akan menyadarinya dan akan tetap tumbuh karena ia hidup.

Faktor X yang terus bertumbuh ini merupakan modal dan dapat membuahkan potensi bila kita konsisten dalam mengoptimalkan Faktor X tersebut. Potensi diri akan menuntun kita untuk dapat menemukan karir dan tujuan yang tepat dimasa yang akan datang sehingga kita tidak kebingungan dalam meraih cita-cita yang bukan hanya sekedar mimpi belaka.

Berikut tips dari mimin agar kalian dapat menemukan Faktor X yang ada pada diri kalian.

  • Mengenali diri sendiri dan mulailah menimbulkan “X” pada diri kalian.
  • Carilah pintu yang mampu membuat “X” kalian bertumbuh, datangi dan ketuklah masing-masing pintu itu.
  • Pintu yang bagus adalah pintu yang didalamnya memiliki ruang besar untuk kalian berkembang dan terdapat pintu-pintu lain yang dapat dibuka.
  • Waspadai hidup yang nyaman. beranikan diri kalian untuk keluar dari zona nyaman dan belajarlah hal-hal yang baru meskipun itu sulit karena dapat membantu kalian menemukan pengalaman dan ilmu yang baru.

Sebagai gambaran, mimin coba berikan contoh Faktor X yang ada pada diri mimin setelah melakukan riset dan penggalian yang begitu dalam, Mulai dari yang mimin sadari atau merasa ini sudah melekat,

Yang pertama, saya disiplin. Saya terbiasa untuk hidup disiplin sejak kecil karena bimbingan dari orang tua. saya dididik untuk selalu bangun pagi dengan segala rutinitasnya, kemudian selalu hadir tepat waktu, menaati segala petuah dari orang tua dan menjalankan setiap tugas dirumah dan dikampus dengan baik.

Yang kedua saya seorang perencana. Saya selalu merencanakan apapun yang akan dilakukan dimasa mendatang dan berorientasi kepada masa depan. Saya selalu melakukan perencanaan untuk mengantisipasi setiap perkembangan yang akan terjadi. Contohnya didalam sebuah kelompok, saya sering membuat perencanaan mengenai pembagian tugas dan apa saya yang akan dilakukan dimasa mendatang sesuai dengan tugas yang diberikan.

Yang ketiga, saya orang yang konsisten. Saya selalu teguh pada pendirian dan keputusan yang saya miliki. Saya juga menjaga komitmen yang saya buat dan selalu fokus pada tujuan saya.

Selain itu, mimin juga meminta pendapat dari beberapa teman dekat yang dianggap cukup mengenal mimin karena sering bergaul dan sudah berteman cukup lama. Menurut mereka, mimin orang yang rapi dalam pekerjaan dan penampilan, rajin dalam mengerjakan tugas, disiplin, suka membantu teman yang membutuhkan dan pandai dalam berbahasa inggris. Menurut saya pendapat mereka memang cukup menggambarkan kepribadian mimin dan sebenarnya kemampuan berbahasa inggris terutama dalam hal conversation masih sangat kurang hehehe, tetapi mimin senang bahwa banyak hal positif yang telah disampaikan untuk menggambarkan kepribadian saya.

Dengan kita mengenali Faktor X yang ada pada dalam diri, kita dapat memotivasi diri untuk semakin berkembang dan harapannya Faktor X inilah yang dapat menjadi modal kita untuk memilih dimana arah tujuan dan karier kita dibidang professional sesuai passion dan potensi yang telah kita miliki.

Terima Kasih telah membaca, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.