Setiap orang pasti akan merasa was-was jika meninggalkan data disuatu computer yang terhubung dengan jaringan. Ada banyak cara untuk melindungi data tersebut dari musuh, yuk simak 5 Tips Keamanan Jaringan Komputer agar data kita tidak tercuri oleh musuh!

1.       Gunakan enkripsi pada titik akses nirkabel (AP).

Telah dilakukan survei yang menemukan setengah atau lebih dari semua jaringan nirkabel terbuka lebar. Menjadikan keamanan terbuka bagi siapa saja bisa mengumpulkan semua lalu lintas atau mungkin merekam informasi sensitif Anda. Beberapa orang menjaga keamanan jaringan komputer mereka dengan mengacak dengan mengunci alamat MAC. Tapi, apakah anda tahu jika cara tersebut lebih sulit daripada menggunakan enkripsi WPA2? Untuk para pemula WPA2 jauh lebih baik daripada metode enkripsi lainnya, dari yang lebih mudah dipecahkan.

2.       Jika memiliki jaringan nirkabel, pastikan untuk menyembunyikan SSID (service set identifier), atau setidaknya mengganti namanya menjadi sesuatu yang biasa.

Seperti yang kita tahu router nirkabel (Wi-Fi SSID) harus memiliki ID. Jangan sekali-kali menulis ID yang memperjelas siapa pemilik router atau yang dapat membocorkan lokasi atau nama bisnis, seperti “Markas MOGE” atau nama produk seperti “Happy tos”. Lebih baik gunakan yang tidak berbahaya seperti “wireless” atau “router1”. Dimana tidak memberikan informasi apapun. Menurut survey, kebanyakan router di apartemen Jakarta banyak menggunakan nomor apartemen untuk dijadikan ID, sehingga mudah bagi orang lain untuk melacak dan mengetahui siapa pemilik dan dimana router itu berada.

3. Jika router (kabel atau nirkabel) memiliki antarmuka manajemen Web, nonaktifkan akses dari jaringan luar.

Yuk mulai sekarang biasakan untuk mengganti password default admin (password awal perangkat). Kalian pasti tidakmau kaloau ada orang lain masuk, lalu mengubah peraturan atau membaca file log kan? Dewasa ini sudah banyak aplikasi bahkan digunakan anak sekolah dasar untuk mengetahui password Wi-Fi. Jika ada seseorang menyusup masuk ke alamat IP router, maka keamanan jaringan computer kalian sedang dalam keadaan beresiko!

4. Pastikan semua PC Anda menggunakan perangkat lunak antivirus dan jika Anda menggunakan Windows, tambahkan perlindungan antispyware.

Periksalah guna memastikan jika semua antivirus kalian berjalan dan update terutama untuk definisi virus. Perlu kalian ketahui, apa pun yang kedaluwarsa tidak akan berguna!

5. Mulailah melakukan backup secara teratur sekarang.

 

Backup bisa dimulai dari membuat Salinan data dari file penting. Data penting itu dapat berisi tugas, data bisnis dan pelanggan. Lalu, pastikan kalian telah “mengunci” file pribadi seperti foto keluarga atau sejenisnya. Kalian bisa menggunakan hardisk eksternal, DVD, atau yang lagi trend sekarang adalah cloud backup storage! Kita tidak perlu khawatir adanya serangan virus ransomware  atau petya, karena data penting telah ada Salinan di tempat lain. Jika tidak ada backup, bagaimana jadinya jika terserang virus? Tentunya akan hilang!

Ada banyak pilihan untuk menjaga keamanan jaringan komputer, membuat kalian tenang dan membuat lebih sulit bagi para penerobos atau musuh. Namun, 5 tips di atas mudah diterapkan, tidak memerlukan banyak biaya dalam hal waktu dan uang. Jadi tunggu apa lagi? Mari mulai melindungi data penting pada jaringan komputer!