Dalam menghadapi era global, teknologi komputer memegang peranan yang sangat penting dalam berkomunikasi melalui jaringan internet dan intranet secara efisien dan optimal.

Sebelum masuk lebih dalam mengenai jaringan multimedia, terlebih dahulu kita mengetahui pengertian dari jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam satu kesatuan. Di dalam jaringan komputer, pengguna dapat melakukan transmisi data atau memindahkan data dari suatu komputer ke komputer yang lain. Pemindahan data tersebut dapat menggunakan media kabel atau tanpa kabel.

Multimedia berasal dari dua kata, yaitu multi dan media/medium. Multi yang berasal dari bahasa latin yang berarti banyak. Dan medium berarti sebuah alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi. Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan komputer untuk menampilkan dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggunakan link dan tools yang memungkinkan pengguna untuk melakukan navigasi, berinteraksi, membuat dan berkomunikasi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa  jaringan multimedia adalah penggunaan komputer yang terhubung satu sama lain untuk kombinasi teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggunakan link dan tools yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, interaksi dan komunikasi satu sama lainnya.

Salah satu contoh penggunaan jaringan multimedia yang paling terkenal adalah Youtube. Pada situs ini setiap orang dapat menonton sebuah tayangan video yang telah di-upload oleh pengguna Youtube lainnya. Namun tidak hanya Youtube saja yang menggunakan jaringan multimedia. Di Indonesia, terdapat situs yang memiliki alamat domain indowebster.com. Situs ini adalah tempat setiap pengguna untuk berbagi apapun, mulai dari kumpulan buku digital, perangkat lunak, musik, video hingga film. Dilihat dari layanan yang tersedia di dalamnya, jelas Indowebster merupakan situs yang menggunakan jaringan multimedia.