Kemampuan berbahasa Inggris saat ini sudah merupakan suatu kewajiban yang harus bisa dimiliki oleh setiap orang saat ini, terlebih jika kita ingin bersaing pada level Internasional. Bagi kita orang Indonesia, sebagian mungkin masih menganggap bahasa Inggris merupakan sesuatu yang sulit dipelajari, terlebih kita dari kecil dewasa selalu menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah masing-masing. Namun apapun itu, mau tidak mau bahasa Inggris tetap merupakan sesuatu yang harus kita miliki apabila kita ingin bersaing dengan lainnya.

Saat ini, hampir semua tingkat pendidikan yang ada di Indonesia sudah membekali siswanya dengan kemampuan berbahasa Inggris, bahkan ada yang sudah mulai sejak TK. Dengan bekal kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, harapannya adalah para generasi penerus bangsa Indonesia kedepannya akan mampu bersaing secara tangguh dengan negara-negara lain.

Selain membekali dengan skill bahasa Inggris secara aplikatif, biasanya siswa siswi di Indonesia juga dibekali dengan semacam sertifikat bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, TOEP, TOEIC, dan lain sebagainya. Sertifikat tersebut sangatlah penting dimiliki saat ini untuk siswa. Sebagai contoh, apabila kita hendak menetap atau bekerja/sekolah di luar negeri, kita akan membutuhkan sertifikat tersebut dengan standar nilai tertentu.

Untuk itu, saya mau coba bagi-bagi tips nih untuk anda yang mau mengikuti tes kemampuan Bahasa Inggris tersebut. Ini saya ngasih tips tes Bahasa Inggris walaupun nilai Bahasa Inggris saya juga ga bagus-bagus banget ya. Hehehe….. Oke masuk ke tips nya sekarang :
1. Kenali jenis tes yang akan anda ikuti

Sebelum kita mengikuti tes Bahasa Inggris, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu tipe dari tes bahasa inggris tersebut, karena masing-masing jenis tes seperti TOEFL, IELTS, TOEIC, TOEP, dll memiliki jenis soal dan karakter yang berbeda.

  • Pertama, kita harus cari tau dulu kepanjangan dari istilah tes-tes tersebut. (Mohon maaf, cari sendiri ya kepanjangannya di search engine).
  • Kedua, kenali tipe tes dan model soal. Misalkan anda mengikuti test TOEFL, test TOEFL ini pun memiliki beberapa macam jenis seperti paper based test dan internet based test. dan jenis soal yang diujikan pun berbeda, ada yang sekedar komplit mulai dari reading, listening, writing, dan speaking, dan ada juga yang hanya reading dan listening seperti pada tes TOEP. ada baiknya anda latihan dulu melalui aplikasi online yang banyak dijumpai di internet
  • Kenali aksen bahasa inggrisnya. Ada baiknya kita mengenali jenis aksen dari tes yang akan kita ikuti, contoh pada tes IELTS, anda akan mendengarkan tes listening dengan aksen british, berbeda dengan tes seperti TOEFL yang bahasa Inggrisnya beraksen US

2. Belajar

Belajar merupakan sesuatu yang mutlak, tapi cara belajar untuk menghadapi tes seperti ini bisa bermacam-macam caranya. Ada yang pake cara formal seperti melahap banyak soal-soal latihan, ataupun dengan cara yang menyenangkan seperti dengan cara menonton film box office atau tayangan luar negeriΒ  seperti BBC namun dengan disertai subtitle bahasa inggris. Percayalah, cara ini lumayan ampuh pada sebagian besar orang. (Walaupun nilai saya sendiri ya masih gak seberapa bagus sih)

3. Siapkan biaya

Biaya ini merupakan komponen yang penting juga, karena seperti kita tahu, untuk mengikuti tes sertifikasi bahasa Inggris harus mengeluarkan biaya yang tidak cukup murah. Jadi kita harus menabung dulu(Nabung ilmu dan uang), jangan sampe bayar mahal-mahal tapi nanti hasilnya tidak maksimal.

Demikian tips yang agak geje dari saya, semoga bermanfaat, klo ternyata tidak bermanfaat saya mohon maaf ya. Saya doakan yang habis baca ini gak sakit hati dan score nya buagusss… πŸ™‚