Halo kali ini saya akan membahas soal jaringan multimedia, kamu sudah tau apa itu jaringan multimedia?

kalo belum tau, simak terus artikel berikut ini ya……

 

Nah jaringan multimedia adalah penggunaan komputer yang terhubung satu sama lain untuk mengkombinasikan teks, grafik, audio, video,dan animasi dengan menggunakan link dan tool yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi,interaksi,dan komunikasi satu sama lain.

 

Hal tersebut adalah kesimpulan dari kalimat ‘Jaringan Multimedia’ , Jaringan multimedia sendiri terdiri dari 2 unsur kata yaitu ‘jaringan’ dan ‘multimedia’ dimana jaringan memiliki pengertian “sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan pertukaran informasi atau data” sedangkan multimedia memiliki arti “penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan text, graphics, audio, video,dan animasi dengan menggunakan linksdan tools yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi,berinteraksi,membuat, dan berkomunikasi”

 

Ruang lingkup jaringan multimedia ini juga bermacam-macam lho, berikut diantaranya :

A. Grafis

Grafis adalah medium berbasis visual. Grafis terdiri dari seluruh gambar 2 dimensi yang apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi, maka tetap di sajikan melalui medium dua dimensi. Yaitu termasuk gambar yang ditampilkan lewat kertas, televisi atau layar monitor.

  • Kegunaan grafis dalam aplikasi multimedia :
    a. Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan kosep-konsep
    b. Chart untuk ilustrasidan meringkasdata-data numerik
    c. Warna, bakgrounddan icon untuk menyediakan keseragaman dan keberlanjutan dalam aplikasi
  • Jenis-jenis graphics :
    a. Backgrounds
    b. Photos
    c. Grafik3-dimensi

B. Text

Dalam multimedia teks digunakan karena efektif untuk menyampaikan ide atau panduan kepada pengguna. Teks merupakan bentuk data yang mudah dikenali dan disimpan. Teks bisa mengacu pada kata, kalimat, alinea, sesuatu yang tertulis atau ditayangkan.

  • Hal yang di perhatikan untuk penggunaan teks di dalam multimedia :
    a. Memahami kegunaan aplikasi yang dibuat
    b. Penguunaan jumlah teks
    c. Jenis / type font yang dipakai
    d. Ukuran dan warna font

C. Video

Video merupakan teknologi menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasa menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Video juga bisa diartikan sebagai gabungan dari gambar-gambar yang berurutan pada suatu waktu dengan kecepatan tertentu.

  • Video dibedakan dalam dua format,yaitu :
    a. Analog : NTSC dan PAL
    b.Digital : MOV, MPG, AVI, ASF,dll. Proses mengubah dari analog ke format digital disebut dengan Capturing atau sampling. Proses ini membutuhkan alat berupa video capture board atau frame grabber yang dipasang dalam komputer, dan berfungsi untuk merubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

D. Animasi

Animasi adalah kumpulan gambar yang seolah olah hidup. Hal ini dikarenakan kumpulan gambar tersebut berubah secara beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bermacam-macam bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
Terdapat empat macam animasi, yaitu:

  • Animasi Frame
  • Animasi Vector
  • Animasi Komputasional
  • Morphing

E. Digital Audio

Digital audia dapat dihasilkan dengan cara melakukan sampling sinyal kontinu hasil dari sumber suara. Suatu analog-to-digital converter (ADC) menangkap input sinyal elektrik sesuai dengan suara dan mengubahnya menjadi data digital. Agar suara bisa dihasilkan melalui amplifier dan speaker prosesnya melibatkan suatu digital-to-analog converter (DAC).

 

Nah sekian dulu penjelasan soal jaringan multimedia beserta ruang lingkupnya, semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa share ya! berbagi itu indah

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest