Hari ini saya membuka Linked-in seperti biasa yang saya lakukan tiap hari. Maunya update informasi di sosial media yang lagi hits untuk kalangan profesional ini. Namun, hari ini malah membaca menemukan sumber bacaan yang membuatku memutuskan untuk menuliskan kembali dan menyebarkannya ke khalayak, khususnya para sivitas akademik PENS.

Makalah ini tentang 3 rising skill tertinggi di Indonesia yang dipublish oleh Linked-in Talent Solutions yang bisa diakses di sini. Tahu kan apa maksudnya “rising skill”? Rising skill ii bisa diartikan sebagai keahlian yang sedang naik daun. Bukan naik daun pepaya atau naik daun pisang loh, tapi sedang tren atau sedang banyak dicari orang.

Hasil dari 3 rising skill tertinggi di Indonesia adalah sebagai berikut.

rising skill tertinggi di indonesia 2
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Rising skill tertinggi di indonesia

Pada urutan pertama adalah kemampuan yang berhubungan dengan “Gesture Recognition Technology”. Ini cukup mengejutkan, karena kemampuan ini termasuk kemampuan yang langka bagi profesional¬† di Indonesia, namun kemampuan ini adalah kemampuan yang umum bagi sivitas akademika khususnya di PENS. Kemampuan ini berhubungan dengan pembuatan dan pengembangan aplikasi komputer untuk mengenali gerakan manusia. Kemampuan ini juga berhubungan computer vision, machine learning dan motion capture. Keberadaan teknologi kamera dan peralatan motion capture membuat kemampuan ini menjadi penting.

Pada urutan kedua adalah kemampuan “Social Media Marketing”. Kalau ini sih memang banyak yang sudah memperkirakan. Keberadaan sosial media sebagai media marketing menjadi tren akhis-akhir ini, jadi kemampuan untuk menjadikan sosial media menjadi media marketing tentu akan banyak dicari orang.

Pada urutan ketiga adalah kemampuan “Human-Centred Design”. Kemampuan ini berhubungan dengan untuk mengembangkan solusi yang berrhubungan dengan perspektif manusia di alam semua prosesnya. Kemampuan untuk menjadi manusia sebagai pusat perhatian (fokus) di dalam perancangan aplikasi atau produk. Kemampuan ini berhubungan dengan kemampuan disain yang melibatkan aplikasi disain yang saat ini mulai tumbuh.

Ternyata semua kemampuan ini ternyata menjadi bagian penting dalam kurikulum dari Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Multimedia di PENS yang saat ini sedang direncanakan pendiriannya.  Mungkin tahun ini atau tahun depan program studi ini akan membuka pendaftaran mahasiswa baru. Jadi, ini kesempatan yang baik untuk para lulusan SMA/SMK untuk mencari prodgram studi yang memberikan kemampuan yang memang dicari oleh dunia kerja.