Setiap orang didunia ini memiliki perbedaan. Baik itu dalam hal bakat maupun potensi. Pada beberapa orang, ada yang mengerti dan mengenali potensi ataupun bakatnya dengan baik. Namun ada pula yang tidak atau belum menyadari bakat yang dimilikinya.

Sama hal nya dengan factor X, masing-masing orang didunia ini memiliki factor X nya masing-masing. Factor X merupakan factor yang melekat pada diri semua orang. Faktor X sendiri tidak berwujud benda, namun dapat dirasakan. factor X dapat muncul dari factor eksternal maupun factor internal. Faktor X dari factor internal biasanya berasal dari turunan genetic, namun factor X masing-masing individu juga bisa diasah berdasarkan bakat dan minat.  Sedangkan untuk factor X dari faktr eksternal berasal dari pandangan orang lain. Bisa dari keluarga, ataupun teman.

ada beberapa langkah atau cara untuk menemukan faktor X dalam diri, yaitu dengan mengenali diri sendiri dan mulai menimbulkan ‘X’ pada diri sendiri. lalu cari pintu yang mampu membuat ‘X’ masing-masing diri tumbuh. kemudian setelah melakukan langkah-langkah ini kita dapat menanyakan kepada teman atau saudara untuk mendapatkan pandangan lain mengenai faktor X dalam diri sendiri. dari langkah-langkah ini kita dapat mengetahui bagaimana cara menemukan faktor X dalam diri kita.

sebagai contoh saya akan memberi tahu faktor x dalam diri saya.

faktor x pertama saya adalah suka mencoba hal baru. Menurut saya, factor X ini menguntungkan saya karena dari sifat suka mencoba hal baru ini saya bisa mendapat banyak insight baru yang akhirnya dapat membantu saya dalam mengembangkan diri saya.

Untuk factor X kedua saya adalah mudah beradaptasi. Mudah beradaptasi yang dimaksud disini adalah mudah menyesuaikan diri pada situasi tertentu. Factor X kedua ini menurut saya sangat menguntungkan saya karena dengan memiliki faktor X ini, saya bisa berbaur dan menempatkan diri pada situasi tertentu. saya juga bisa memiliki channel yang luas melalui faktor X ini.

Dengan adanya contoh yang telah disebutkan diatas, semoga masing-masing dari kita dapat mengetahui langkah yang akan diambil untuk mengetahui faktor X yang dimiliki.