Indie Game Developer sekarang mulai berkembang pesat. Tidak bisa dipungkiri, pemain – pemain besar dalam industri entertainment dalam bidang permainan digital seringkali dikuasai oleh perusahaan  – perusahaan besar yang selalu mengeluarkan title AAA (triple-A) dengan kualitas yang luar biasa menarik untuk dimainkan oleh khalayak umum. Namun, dalam industri permainan ini sendiri, developer indie game juga bisa bersaing dengan perusahaan – perusahaan besar dalam hal hasil penjualan dan kualitas yang diberikan. Salah satu indie game yang akan dibahas kali ini adalah game yang berjudul “Undertale”.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Undertale adalah permainan buatan Indie Game Developer dari Amerika Serikat, Toby Fox. Dalam permainan ini, kita mengontrol seorang anak kecil yang jatuh ke sebuah lubang bawah tanah yang ternyata berisikan monster – monster hidup lama di dalam sana. Tujuan akhir dari permainan ini adalah melewati rintangan yang ada untuk keluar menuju permukaan bumi lagi, kembali ke kehidupan asalnya. Di dalam permainan ini, kita akan bertemu bermacam – macam monster yang ternyata masing – masing memiliki karakter tersendiri. Salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah karakter bernama “Toriel”. Karakter ini kita temukan pada awal permainan. Dia memiliki sifat keibuan serta merupakan orang yang paling menyayangi serta khawatir terhadap kita kapanpun dia bersama kita.

Dalam permainan ini, kita diharuskan melawan monster – monster yang kita temui. Dengan style permainan bullet hell, permainan ini bisa menjadi kesulitan bagi orang yang tidak terbiasa memainkannya. Ada juga konsep unik di dalam permainan ini, yang membedakan dengan permainan RPG di dalam permainan lain. Kita bisa memilih untuk tidak membunuh monster – monster ini. Kita bisa memaafkan perbuatan mereka dan kabur dari pertarungan yang seharusnya kita hadapi. Konsep ini terbilang unik, karena kita ternyata bisa memilih untuk tidak membunuh, yang mana merupakan hal keji meskipun dipandang dari sisi manapun. Kita juga bisa berbicara serta bernegosiasi dengan monster – monster tersebut. Dalam permainan ini juga, kita diajarkan untuk selalu tekun dan bertekad tinggi dalam mencapai tujuan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Konsep unik lain yang ada dalam permainan ini juga adalah, permainan ini selalu mengingat apa yang telah kita lakukan. Apa yang kita lakukan selalu memiliki bekas di dalam permainan. Dan hal ini bisa kita lihat dari respons oleh beberapa monster – monster yang tinggal disana yang ingat terhadap pilihan kita, apa yang telah kita lakukan sebelumnya, dan masih banyak lagi.

Undertale merupakan permainan RPG dan Visual Novel dengan konsep unik. Meskipun grafik yang diperlihatkan tidak terlalu menarik, namun storytelling yang diceritakan pada permainan ini sangat menarik dan jauh dari kata membosankan, Dan permainan ini adalah pijakan dalam membangun karya permainan dengan genre visual novel berikutnya.