Pada setiap pribadi manusia, selalu ada kekuatan dan keterbatasan. Kedua hal itu sering dipengaruhi oleh sikap dan karakter pribadi yang tumbuh dan berkembang karena lingkungan dan pendidikan. Sementara itu, kita telah memiliki kodrat fisik seperti yang sekarang kita punyai. Begitu juga, kita telah dianugerahi kemampuan, bakat-bakat, sifat dan sebagainya. Segala kemampuan, bakat, dan sifat yang kita miliki tersebut masih dapat kita kembangkan menjadi lebih optimal.

Sebagai pribadi, kita selalu mempunyai kekuatan dan keterbatasan, kekurangan dan kelebihan. Tidak pernah ada di dunia ini, manusia yang sempurna tanpa keterbatasan. Manusia yang paling kuat sekalipun, pasti mempunyai kelemahan dan keterbatasan. Sebaliknya sekecil apapun kekurangan dan keterbatasan kita selalu ada kekuatan dibaliknya. Meskipun pribadi kita tidak sempurna, namun pasti ada keunikan didalamnya. Ingatkah atau pernahkan mendengar syair lagu dari grup D’Masiv yang berjudul “Jangan Menyerah” ? beberapa potong syair mengatakan demikianTak ada manusia, yang terlahir sempurna, Jangan kau sesali segala yang telah terjadi…….. dan pada bagian reff Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah. Tetapi jalani hidup ini, melakukan yang terbaik.

Ada yang menarik dari lagu tersebut, dimana kemunculan lagu ini untuk menghibur anak-anak yang menderita tumor dan anak-anak dewasa yang menggantungkan hidup di jalanan. Sang penulis terinspirasi oleh seorang anak yang terkena penyakit kanker namun masih tetap berjuang untuk hidup. Sebenarnya masih banyak kisah lain yang dapat membantu kita untuk menyadari kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri kita.

Sebagai contoh, Mas Rizky akan kasih contohnya deh apa saja kelebihan dan kekurangan Mas Rizky berdasarkan pendapat temen – temen Mas Rizky yaaa.

Untuk kelebihanku sendiri, aku orang yang terjadwal yang mana aku harus bisa menyelesaikan yang aku mulai dengan timeline yang sudah aku rencanakan sebelumnya, lalu aku orangnya gampang bersosialisasi yang bisa digunakan untuk menambah relasi.

Untuk kekurangan yang harus diperbaiki adalah suka menunda pekerjaan sampai mepet deadline jadi Mas Rizky harus kerja rodi agar tugas bisa selesai sesuai jadwal.

Dengan adanya contoh diatas semoga temen-temen bisa mengetahui kelebihan apa saja yang bisa dimanfaatkan dan harus dikembangkan lagi lalu memperbaiki kekurangan temen-temen yaa agar temen-temen bisa mengetahui langkah apa yang harus diambil dengan faktor X tersebut yang dimiliki. Semoga artikel ini bermanfaat yaa temen-temen.

Terimakasih sudah mampirrr <3

Assalamualaikum……..