Setiap manusia yang terlahir di dunia pasti memiliki potensi dan bakat yang berbeda. Meskipun potensi dan bakat tersebut kadang berlainan, sama dan bersifat unik.

Sebagian orang mampu mengenali dan mengembangkan potensi atau bakat yang dimilikinya. Namun tidak sedikit juga yang bahkan belum menyadari akan potensi dan bakat yang dimilikinya. Potensi dan bakat ini sering juga disebut dengan faktor “X”.

Faktor “X” sendiri merupakan faktor yang melekat pada diri manusia, tak berwujud benda namun dapat dirasakan, seperti nilai atau sesuatu yang membuat penulis ataupun masing-masing pembaca terlihat berbeda dan menonjol dari orang lain.

Masing-masing manusia memiliki faktor “X” yang berbeda-beda. Ada manusia yang memiliki faktor “X” yang kecil, ada pula manusia yang memiliki faktor “X” yang cukup besar. Besar kecilnya ukuran faktor “X” ini dipengaruhi oleh seberapa jauh orang tersebut menggali dan mengembangkan faktor “X” yang dimilikinya.

Walaupun dalam beberapa orang terdapat faktor “X” yang sama, tetapi cara orang tersebut menemukan dan mengetahuinya mungkin berbeda, seperti faktor “X” bawaan dari lahir atau orang awam menyebutnya dengan bakat. Ada juga faktor “X” yang tercipta karena diasah terus-menerus. Setiap individu memiliki cara yang berbeda-beda dalam menemukan faktor “X” yang ada pada dirinya.

Pada umumnya faktor “X” ini sulit dikenali oleh diri kita sendiri, oleh karena itu kita dapat meminta orang disekitar kita untuk dapat menilai keunikan atau faktor “X” yang ada pada diri kita sendiri.

Dari penulis sendiri, penulis selalu berusaha bekerja dengan rapi dan memperhatikan detail dari apa yang penulis kerjakan, penulis juga menyelesaikan setiap pekerjaan secara urut tanpa ada yang terlewat.

Selanjutnya penulis merupakan orang yang fleksibel dalam berbagai hal, seperti berbaur dengan orang yang berbeda-beda, dan juga tidak memaksakan kehendak tertentu.

Sebagian besar orang di dunia ini sukses karena faktor “X” yang mereka sadari. Mereka memanfaatkan faktor X mereka sesuai dengan minat dan kompetensi yang mereka inginkan sehingga mereka tampak lebih unggul dan berbeda dari yang lain.