Pernah mendengar istilah Shutter Speed atau kecepatan rana dalam fotografi? Artikel fotografi kali ini akan membahas apa itu Shutter Speed atau kecepatan rana pada fotografi terutama apa itu Slow Shutter Speed.

Shutter adalah semacam pintu penutup sensor pada kamera digital. Pada saat kita mengambil gambar, shutter akan membuka selama beberapa waktu sehingga sensor kamera akan merekam cahaya yang masuk melalui lensa.

Berapa lamanya shutter terbuka inilah yang dinamakan sebagai shutter speed atau kecepatan rana. Lantas, apa itu Slow Shutter Speed dalam fotografi?

Teknis dengan menggunakan shutter speed yang rendah ( nilai besar ) . Biasa digunakan pada kondisi kurang cahaya , shutter dibuka lebih lama agar kamera dapat mengumpulkan cukup cahaya untuk menghasilkan gambar yang kita inginkan . Jika kita memotret suatu scene dengan beberapa obyek yang bergerak , akan menghasilkan sebuah efek baru yang keren .

Misal memotret lalu lintas di malam hari menimbulkan efek “jalur cahaya” / lightrail . Lampu dari mobil-mobil yang berseliweran direkam dalam sensor .

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Source : Dokumen Pribadi
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Source : www.clickitupanotch.com

Slow speed juga bisa menimbulkan kesan dinamis pada foto kita . Seperti pada foto air diatas . Foto ini mengesankan karena diambil pada siang hari dimana masih banyak cahaya . Triknya adalah kita mengurangi cahaya yang masuk ke sensor dengan memasangkan sebuah atau beberapa (stack) filter ND ( Neutral Density ) . Filter ini akan mengurangi cahaya bberapa kali dari semula ( tergantung level filter ND ) sehingga kondisi banyak cahaya pun akan tampak seperti malam .

Tripod adalah suatu yang mutlak dibutuhkan jika kita ingin berexperimen dengan foto-foto slow shutter speed . Alasannya karena kamera harus ditopang oleh obyek lain selama shutter terbuka . Jika tidak , maka foto yang dihasilkan akan blur karena kamera akan berpindah arah atau goyang.

Semoga artikel Mengenal Slow Shutter Speed dan Fungsinya ini dapat berguna bagi Anda yang baru mengenal fotografi.