Slow Speed  merupakan salah satu teknik memotret dengan menggunakan  kecepatan rana yang rendah. Angkanya adalah mulai dari 2 detik hingga seper tiga puluh detik (1 / 30s). Slow Speed biasanya digunakan pada saat kondisi objek, foreground maupun background minim cahaya. Namun ada risiko yang harus dibayar ketika menggunakan kecepatan lambat, penggunaan objek kecepatan lambat tidak pada objek bergerak dan untuk hasil maksimal, wajib menggunakan tripod / penopang sehingga gambar tidak goyang / goyang. Namun beberapa fotografer justru memanfaat kecepatan lambat untuk menghasilkan sebuah foto yang bernilai seni tinggi, yang digunakan untuk teknik panning pada sebuah kendaraan atau pun digunakan untuk membidik aliran sungai sehingga menghasilkan aliran sungai yang lembut bagaikan salju. Atau juga digunakan untuk menghasilkan sebuah laser / trail light dimalam hari. 

Ada pun peralatan yang Anda mempersiapkan untuk memotret Slow Shutter Speed,sebagai berikut :

1. Kamera 
pasti yang dibutuhkan kamera paling utama adalah kamera, pengaturan Anda sesuai dengan situasi dimana Anda mengambil gambar yang diambil dari pengaturan ISO jangan terlalu tinggi, bila pengaturan tinggi maka akan menimbulkan NOISE (bintik-bintik) pada hasil foto Anda, lakukan pengambilan pertama kali dan ubah pengaturan kamera Anda jika Anda merasa kurang berkenan dengan hasil yang Anda peroleh. Kemudian pengaturan kamera pada mode pengambilan “timer” karena pada pengambilan Night Shoot dengan efek Slow Speed sedikit pun pada kamera akan berdampak signifikan pada hasil foto. 

2. Lensa 
Mungkin lebih bagus menggunakan pilihan lensa yang luas, tapi pada kasus ini saya hanya punya lensa fix nikon 50 / 1,8D jadi saya manfaatkan ini. Tergantung lensa yang anda punya. Gunakan lensa yang anda miliki dan maksimalkan. 

3. Tripod 
Tripod adalah syarat umun dalam pengambilan Low Speed, karena dengan bantuan tripod kamera anda akan stabil dalam mengambil gambar, bila belum mempunyai tripod sandarkan kamera anda pada benda padat namun memang jauh lebih baik menggunakan tripod .

Cara pengambilan gambar 

Sudut pengambilan gambar yang baik, misalnya tidak terlalu gelap dan tidak terkena cahaya langsung (tidak disorot lampu2 motor / mobil yang lewat) karena akan membuat foto anda menjadi over expose. 

Contoh Foto dari Slow Shutter Speed di bawah ini:

Menggunakan Slow Shutter Speed untuk Fotografi Jalan

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
https://petapixel.com/

Pengantar fotografi kecepatan rana lambat dalam air

13 Agustus Blur Fitur 1.jpg
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
https://www.popphoto.com/

Bagi yang ingin memahami fungsi dari shutter speed kamera, mungkin sudah mengetahui bahwa fotografi merupakan salah satu aktivitas hobi yang banyak digemari saat ini. Semakin banyaknya media sosial yang ada menyebabkan banyak orang berlomba-lomba mengabadikan momen terbaik untuk diupload ke media sosial. Jika hanya untuk kebutuhan media sosial, menggunakan kamera handphone sudah dirasa cukup untuk bisa menghasilkan foto yang baik. 

Terimakasih 🙂 jika membaca artikel ini ,semoga bermanfaat juga buat Anda yang ingin memotret Slow Shutter Speed.