• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, saat ini kebutuhan aplikasi mobile kian meningkat. Aplikasi ang dulunya berbasis web kini sudah dilengkapi dengan aplikasi mobile. Aplikasi mobil, Mobile app atau Mobile application adalah program computer yang dirancang untuk berjalan pada peranti bergerak seperti ponsel/tablet atau jam tangan

Aplikasi mobil sering kali dianggap sebagai kebalikan dari aplikasi desktop
yang berjalan di komputer desktop, dan dengan aplikasi web yang berjalan di browser web.

Pada tahun 2009, kolumnis teknologi David Pogue mengatakan bahwa ponel cerdas terbaru dapat dijuluki sebagai “app phone” untuk membedakannya dari ponsel cerdas yang kurang canggihsebelumnya. Istilah “app”, yang merupakan kependekan dari “aplikasi perangkat
lunak”, sejak itu menjadi sangat populer; pada tahun 2010, istilah
tersebut terdaftar sebagai “Word of the Year” oleh American
Dialect Society, tapi yang paling popular adalah Android dan iOS.

Aplikasi mibile untuk android ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java atau Kotlin, sedangkan aplikasi mobile untuk iOS menggunakan bahasa pemrograman Objective atau Swift, sehingga kita perlu mempelajari minimal dua bahasa pemrograman yang berbeda.

Flutter hadir untuk menutupi kelemahan ini. Dengan adanya flutter memudahkan untuk membuat satu aplikasi yang dapat berjlan di Android dan iOS karena kita hanya perlu mempelajari satu bahasa permrograman. Bahasa yang digunakan oleh Flutter adalah Dart, bahasa pemrograman berorientasi object yang diproduksi oleh Google.

Secara teknis, Flutter ada dua yaitu Flutter Framework yaitu sebuah framework dari bahasa pemrograman Dart yang menyediakan fungsi & elemen UI atau disebut widget didalam Flutter, yang kedua adalah Flutter SDK adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk mengembangkan / membangun aplikasi iOs atau Android.

Apa itu SDK ?

SDK atau sering disebut Software Development Kit merupakan sekumpulan tools yang diperlukan oleh seorang programmer atau developer untuk membuat aplikasi entah itu dalam bentuk Game, OS, dan lainnya.

Kelebihan Flutter

Dikutip dari situs resminya ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan ketika membangun sebuah aplikasi menggunakan Flutter, di antaranya yaitu :

  • Fast Development

Mengembangkan aplikasi android & ios dengan lebih cepat. Hal itu dikarekanakan flutter sudah memiliki widget-widget dan class untuk membuat aplikasi.

  • Expressive and Flexible UI

dapat membangun aplikasi android & iOs dengan UI yang flexible. Widget-widget dan class-class yang dimiliki flutter sudah mendukung material desain di android dan desain untuk iOS.

  • Native Performance

plikasi yang dibuat akan sama performanya dengan aplikasi native yang dibuat dengan android studio jika android dan xcode jika aplikasi tersebut dijalankan di iOS

Tools yang dibutuhkan

Untuk membuat aplikasi berbasis android ataupun ios setidaknya ada beberapa tools yang harus kita miliki, yaitu :

JDK (Java Development Kit)

IDE Android Studio

Android SDK

Flutter SDK

Text Editor seperti VS Code dan lainnya bisa juga Android Studio.

Semua tools di atas bisa di download secara gratis dari situs resminya langsung.