Sejak pertama kali dikonfirmasikannya kasus pertama Covid-19 pada awal Maret 2020 [1] di Indonesia, pemerintah menetapkan ketetapan Lockdown serta WFH, dimana orang-orang tidak diperbolehkan keluar rumah di luar kebutuhan, dan untuk mereka yang sudah bekerja untuk melanjutkan pekerjaannya dari rumah masing-masing.

Bagi para murid dan mahasiswa juga tentu tidak diperbolehkan untuk masuk sekolah dan sebagai gantinya diwajibkan mengikuti pembelajaran online.

Walaupun hal ini tampaknya sangat mengganggu produktifitas masyarakat secara meluas, status Pandemi ini membawa beberapa inovasi menarik bukan hanya dari Indonesia, melainkan dari seluruh dunia.

Dari seluruh jenis industri yang menerima ombak inovasi tersebut, Serious Games; permainan yang dibuat dengan kebanyakan tujuan nya membantu atau mengedukasikan, adalah salah satunya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mempersembahkan informasi yang akurat dan tepat merupakan salah satu hal yang penting dalam mencegah penyebarannya Covid-19. Maka dari itu, sekelompok mahasiswa membuat sebuah aplikasi gamifikasi yang dapat menginformasikan pengguna akan informasi seputar virus ini serta mengukur pengetahuan pengguna tersebut[2].

Tidak hanya mengenai informasi umum mengenai Covid, murid yang mempelajari Kimia juga kini dapat mengasah ilmu nya melalui permainan menggambar yang menyenangkan, ChemDraw[3].

Abstract Image
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dengan ChemDraw ini, fitur sosial yang disediakan juga dapat menambahkan kekerabatan antar murid yang berkompetisi dalam menggambar susunan kimia yang tepat.

Inovasi ini juga tidak terbatas kepada para pelajar saja. Pekerja kesehatan juga mengembangkan Serious Game yang dapat mengajarkan praktik IPC (Infection Prevention and Control) kepada staf rumah sakit [4].

Daftar Pustaka

[1] E. Pranita, “Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia Dari Januari”, Kompas.com, 11 Mei 2020, [Online]. Tersedia: https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli–virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari [Diakses: 2 Januari 2021].

[2] Gaspar J, Silva F, Mineiro É, Oliveira I, Oliveira I, Souza R, Gusmão J, De Souza C, Reis Z, Lage E
A Mobile Serious Game About the Pandemic (COVID-19 – Did You Know?): Design and Evaluation Study
JMIR Serious Games 2020;8(4):e25226
URL: https://games.jmir.org/2020/4/e25226
DOI: 10.2196/25226
[Diakses: 2 Januari 2021].

[3] J. Chem. Educ. 2020, 97, 9, 3358–3368Publication Date:August 24, 2020https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00722 [Diakses: 2 Januari 2021]

[4] Suppan M, Catho G, Robalo Nunes T, Sauvan V, Perez M, Graf C, Pittet D, Harbarth S, Abbas M, Suppan L
A Serious Game Designed to Promote Safe Behaviors Among Health Care Workers During the COVID-19 Pandemic: Development of “Escape COVID-19”
JMIR Serious Games 2020;8(4):e24986
DOI: 10.2196/24986PMID: 33242312PMCID: 7717924.
[Diakses: 2 Januari 2021].