• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Tahukah kamu tentang apa itu difteri? Atau bahaya difteri? Lalu sudahkah kamu melakukan imunisasi difteri? Yuk pelajari tentang apa itu difteri dan pentingnya imunisasi difteri.

Difteri merupakan ancaman bagi kesehatan di negara berkembang seperti Indonesia. Jawa Timur merupakan wilayah yang ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap serangan penyakit difteri. Terdapat 271 kasus difteri yang tersebar diseluruh kota dan kabupaten di Jawa Timur dan 11 diantaranya meninggal dunia. Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan kasus difteri yang cukup tinggi yaitu terdapat 102 kasus difteri.

Upaya pencegahan harus dilakukan bersama-sama dengan tindakan deteksi dini kasus, pengobatan kasus, rujukan ke rumah sakit, mencegah penularan, dan memberantas karier. Dalam upaya peningkatan cakupan imunisasi pengetahuan orangtua sangat penting peranannya. Fenomena lain yang tampak adalah bahwa masih banyak orang tua yang tidak mengerti tentang difteri dan pentingnya imunisasi dfteri, dari sebagian besar orang tua yang ikut serta dalam imunisasi difteri nasional diketahui banyak pula orang tua yang sekedar ikutikutan saja tanpa mengetahui manfaat atau kegunaan dari imunisasi. Untuk lebih membangkitkan minat orang tua akan pentingnya imunisasi difteri, maka dibuatlah media penunjang penyuluhan yang menarik berupa video explainer mengenai bahaya difteri dan pentingnya imunisasi.

Video explainer merupakan seni mengubah teks ke dalam video berupa informatif yang menarik dan mudah dipahami. Video ini merupakan bentuk media penyebaran kepada masyarakat Tulungagung khususnya orang tua untuk membantu proses penyuluhan kesehatan program imunisasi Puskesmas Simo Tulungagung. Video explainer mengenai difteri dan pentingnya imunisasi difteri dibuat dengan menggabungkan antara animasi dua dimensi dengan video live action with element track, yang menjelaskan tentang apa itu difteri, bahaya, gejala, penularan serta pencegahan penyakit difteri.

Manfaat media berupa video explainer ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat akan bahaya difteri dan pentingnya imunisasi difteri. Mengurangi suasana yang monoton dan menciptakan suasana sosialisasi yang menyenangkan. Melalui video, masyarakat mendapat kemudahan dalam memahami informasi mengenai penyakit difteri dengan jelas, serta dapat meningkatkan kognisi dengan memanfaatkan grafis untuk meningkatkan kemampuan sistem visual.