Sudah lebih dari 10 bulan lamanya wabah pandemi covid 19 belum juga selesai, banyak penanganan yang telah diupayakan untuk dapat membuat virus ini dapat teratasi salah satunya dengan pembuatan sebuah anti virus yang dapat mencegah penyebaran dan memberikan imun kepada tubuh kita agar terhindar dari virus ini. Namun sampai saat ini upaya yang dapat kita lakukan dari pencegahan virus ini adalah dengan menjaga kebersihan diri sendiri. Upaya seperti mencuci tangan, memakai masker, dan juga menjaga kebersihan pribadi sangat diperlukan saat ini. Namun masyarakat masih tidak memperdulikan hal kecil seperti berikut ini, dan membuat pencegahan dari virus ini menjadi sangat sulit, meskipun upaya pencegahan seperti lockdown sudah ditetapkan namun masih tetap bertambah dari penyebaran covid ini. Salah satu upaya yaitu dari diri kita sendiri. Dengan sebuah sistem gamifikasi yang dapat dijadikan pedoman dalam pencegahan penyebaran dari virus ini, serta tingkat kebutuhan masyarakat terhadap gawai yang membuat masyarakat lebih dekat dengan mobile phone, kita dapat membuat sebuah game yang dapat mempraktikkan sistem pencegahan dari penyebaran covid 19 ini dengan hal-hal yang telah disebutkan diatas.

Mobile apps; game mobile; covid 19

Beberapa pencegahan yang dapat kita lakukan dalam media game yaitu dengan membuat game seperti pemetaan denah peta dari suatu daerah yang dapat kita kenali sebagai sebuah daerah yang terjangkit virus maupun tidak, seperti pada game pokemon GO dimana setiap player akan mengirimkan data berupa direct akses dari GPS mereka agar dapat dikirimkan dan dapat dipetakan dengan daerah yang memiliki zona berbahaya dari covid tersendiri, hal ini dapat mencegah penyebaran covid dengan pemetaan daerah yang terdampak covid 19[1]. Kemudian hal yang dapat dilakukan yaitu dengan sebuah penelitian terhadap beberapa pencegahan dan gejala seseorang terdampak akan virus covid 19 yaitu dengan mengumpulkan data-data berikut yang dapat dijadikan sebagai patokan untuk dapat dilakukan pencegahan ketika bertemu dengan orang yang memiliki gejala covid 19. Kemudian kita membuat sebuah Framework yang dapat digunakan sebagai database dan pembuatan game trivia atau pun game word dengan beberapa ilustrasi dari sebuah gejala covid 19 beserta pencegahannya dimana dalam game ini, pemain akan menebak mengenai bagaimana cara pencegahan terhadap beberapa penyebaran covid melalui gejala yang dapat disalurkan orang yang terdampak akan virus ini dengan beberapa penanganan, seperti memakai masker, menggunakan hand sanitizer, dsb.[2] Kemudian yang terakhir yaitu dengan mengetahui betul dampak covid 19 ini terhadap pemerintahan, yaitu dengan memberikan sebuah simulasi mekanisme gameplay yang mengacu pada kondisi ekonomi, kesehatan, dan politik yang akan mengacu pada game simulator dengan beberapa manajemen kontrol variable yang dapat digunakan sebagai media untuk dapat memanajemen kebutuhan pada saat pandemi ini[3].

DAFTAR PUSTAKA

[1] S. Laato, T.H. Laine, and A.K.M.N. Islam, “Location-Based Games and the COVID-19 Pandemic: An Analysis of Responses from Game Developers and Player”, Multimodal Technol. Interact, Juni 2020.

[2] M. Suppan, MD, “A Serious Game Designed to Promote Safe Behaviors Among Health Care Workers During the COVID-19 Pandemic: Development of “Escape COVID-19””,  University of Geneva Hospitals and Faculty of Medicine, vol. 8, 2020.

[3] J. Wei, L. Wang, and X. Yang, “Game analysis on the evolution of COVID-19 epidemic under the prevention and control measures of the government”, PLOS ONE, Oktober 2020