Pada tanggal 2 Maret 2020, Indonesia untuk pertama kalinya mengonfirmasi kasus COVID-19. Hingga per tanggal 28 Mei 2020, tercatat 31.024 kasus COVID-19 yang telah menyebar di 34 provinsi di Indonesia (Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, 2020). Kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi ini membawa dampak yang cukup serius pada tatanan kesehatan, perekonomian, dan sosial di Indonesia. Sejak kasus pertama di Wuhan, terjadi peningkatan kasus COVID-19 di China setiap hari dan memuncak diantara akhir Januari hingga awal Februari 2020. Awalnya kebanyakan laporan datang dari Hubei dan provinsi di sekitar, kemudian bertambah hingga ke provinsi-provinsi lain dan seluruh China. Tanggal 30 Januari 2020, telah terdapat 7.736 kasus terkonfirmasi COVID-19 di China, dan 86 kasus lain dilaporkan dari berbagai negara seperti Taiwan, Thailand, Vietnam, Malaysia, Nepal, Sri Lanka, Kamboja, Jepang, Singapura, Arab Saudi, Korea Selatan, Filipina, India, Australia, Kanada, Finlandia, Prancis, dan Jerman.

Stres dalam hidup sehari-hari dapat memberikan rasa kurang/tidak nyaman, tetapi dapat pula justru memberikan rasa nyaman. Sebagai elemen yang memberikan rasa nyaman ia dapat dimanfaatkan, dapat dinikmati, selain sebagai pemberi rasa tersebut, juga sebagai pendorong untuk maju dalam kehidupan. Sebagai faktor yang memberi disires, ia akan menimbulkan banyak keluhan, dalam keadaan akut dalam bentuk kegelisahan, dalam bentuk khronis, gangguan fisik maupun mental, kebosanan, kelelahan dan akhirnya kematian. Penatalaksanaan stres tentunya sesual sifatnya. Bila ia membebani manfaat dalam hidup ia selayaknya dinikmati.

COVID-19, Stres, Pandemi

Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan di rumah selama pandemi ini. Menjalankan hobi, menonton drama korea, membaca buku, menikmati senja dengan meminum kopi dan merokok, dan lain sebagainya. Tidak luput juga, para perusahaan gim yang ada di dunia berlomba-lomba menciptakan gim yang dapat memikat perhatian para pengguna untuk memainkan gim tersebut. Salah satu genre gim yang dapat dimainkan kapanpun dimanapun yaitu gim kasual. Dari negeri kita sendiri, beberapa studio gim juga sedang mengembangkan gim dengan genre yang satu ini. Kita harus bisa mengendalikan diri dari stres dan depresi yang sewaktu-waktu dapat menyerang karena tidak bisa berkegiatan di luar selama pandemi. Dengan bermain gim kasual, kita bisa menghilangkan bosan karena bermain gim dapat menimbulkan kesenangan tersendiri.

Daftar Pustaka
[1] Adityo Susilo, Cleopas Martin Rumende, Ceva Wicaksono Pitoyo, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Herikurniawan Herikurniawan, Robert Sinto, Gurmeet Singh, Leonard Nainggolan, Erni Juwita Nelwan, Lie Khie Chen, Alvina Widhani, Edwin Wijaya, Bramantya Wicaksana, Maradewi Maksum, Firda Annisa, Cynthia Olivia Maurine Jasirwan, Evy Yunihastuti. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini.
[2] Ikfina Chairani. 2020. DAMPAK PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF GENDER DI INDONESIA.
[3] Musradinur. 2016. STRES DAN CARA MENGATASINYA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI.