Covid-19 bukanlah suatu wabah yang bisa diabaikan begitu saja.Sekilas gejala yang ditimbulkan oleh virus ini mirip seperti influenza, namun virus ini cukup berbahaya dan mematikan. Di Indonesia, terdapat beberapa cara untuk mengurangi angka penularan covid 19. Diantaranya dengan kebijakan yang membatasi aktifitas di luar rumah, sekolah & perkuliahan daring, work from home, dan beberapa kegiatan ibadah dilakukan di rumah.

Selain upaya yang disebutkan diatas, beberapa kota di Indonesia juga menerapkan protokol lockdown seperti kota Tegal dan Tasikmalaya. Lockdown ini ditujukan untuk mengurangi penyebaran covid 19 dengan cara menutup akses keluar masuk suatu wilayah. Namun, lockdown memiliki efek samping yang dapat mengakibatkan kegiatan perekonomian masyarakat terganggu. Oleh karena itu, muncullah suatu ide untuk membuat sebuah video game bertemakan lockdown.

Permainan Strategi; Covid-19; Lockdown; Video Game

Pada permainan ini, pemain berperan sebagai kepala daerah yang bertanggung jawab atas lockdown di suatu daerah. Permainan ini dibagi menjadi 3 tahap, yaitu :

  1. Tahap Persiapan
  2. Tahap Lockdown
  3. Tahap Pasca Lockdown

Pada tahap pertama, pemain dapat memilih apa saja yang dapat dilakukan oleh masyarakat pada daerah tersebut, seperti peniadaan kegiatan keagamaan yang mengumpulkan orang banyak [1]. Selain itu, pada tahap ini pemain harus mempersiapkan fasilitas medis dan fasilitas lain untuk mendukung lockdown.

Lalu pada tahap kedua, pemain menjalankan personel kesehatan beserta aparat keamanan dalam lockdown. Pada tahap pemain memikirkan strategi untuk penanganan covid di rumah sakit, efek lockdown terhadap ekonomi dan masyarakat, dan mengatur penggunaan aparat keamanan. Pemain dapat melihat bagaimana efek lockdown pada masyarakat, seperti bagaimana kecemasan penduduk akan durasi lockdown, kritik terhadap pemerintah, dan dampak covid-19 pada kehidupan sehari – hari.[3]

Di tahap ketiga pemain memiliki pilihan untuk melanjutkan atau menghentikan lockdown. Tahap ketiga ini hanya dapat dimainkan jika kondisi masyarakat tidak sampai pada kondisi chaos. Jika pemain memilih untuk melanjutkan lockdown, pemain dapat kembali pada tahap pertama. Namun, jika pemain menghentikan lockdown, maka pemain harus mengatur strategi untuk menstabilkan ekonomi pasca lockdown. Hal tersebut merupakan sesuatu yang penting karena dampak dari covid-19 secara ekonomi telah menyebabkan banyak negara memasuki masa resesi [2].

Daftar Pustaka

[1] Yunus, Nur Rohim; Rezki, Annisa.”Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19″ SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Vol. 7 No. 3 (2020), pp.227-238.

[2] Taskinsoy, John, “Cost Implications of the Great Lockdown due to the Novel Coronavirus Outbreak” (May 18, 2020). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3604573 or http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3604573

[3] Duffy, Bobby “Life under lockdown: coronavirus in the UK”, Kings College London, 2020