Covid-19 saat ini menjadi semakin serius. Menjadi wabah yang menyerang dari awal tahun hingga saat ini , Covid-19 sudah memakan banyak korban dan masih belum menemui titik terang kapan berakhirnya. Sudah banyak yang terjadi akibat dari dampak Covid-19 ini , mulai dari ekonomi seperti banyaknya PHK dan lapangan kerja yang semakin sedikit, hingga berhentinya banyak sektor kegiatan seperti tempat pariwisata , sekolah , dan tempat peribadatan. Ini memicu perlunya sebuah cara untuk mengembalikan kehidupan seperti sedia kala namun tanpa meresikokan diri di dalam pelaksanaannya . New normal dan semacamnya sudah pemerintah lakukan namun pengajaran dan penyuluhan secara menyeluruh sepertinya belum diterapkan dengan optimal .

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengembalikan kehidupan seperti saat sebelum pandemi adalah dengan media digital . Pengalihan pekerjaan dan pembelajaran dengan media digital diyakini sebagai jalan paling bijaksana dalam menyikapi hal tersebut . Media digital pasti akan berbeda dunia langsung , tapi semua itu bisa menjadi sarana yang baik untuk kedepannya [1].

Media digital yang dimanfaatkan secara baik akan sangat membantu dan membuat segala aspek kehidupan kembali normal. Selain juga dari pola hidup yang diperbaiki dan penerapan New Normal dengan baik. Pengembangan media dan dunia digital saat ini yang juga sudah sangat pesat membuat tak ada alasan untuk tidak menggunakannya sebagai pengganti kegiatan langsung selama masa pandemi ini . Sehingga dunia digital dan dunia nyata bagi manusia menjadi 2 hal yang selalu berdampingan dan tak terpisahkan [2]. Semua sudah banyak berkembang jauh dan kehidupan bagi manusia dan sekitarnya akan terus berubah . Berubah bukan hanya dalam segi budaya namun segala aspek dalam kehidupan itu . Manusia yang selalu berkembang dan menemukan cara untuk beradaptasi , bahkan dalam keadaan pandemi Covid-19 ini manusia akhirnya diharuskan memanfaatkan semua sumber daya dan kemampuan teknologinya untuk mengembalikan kehidupannya .

[1] Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

[2] Dwi Agus Sudjimat; Amat Nyoto (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global