short lighting merupakan cahaya pendek yang terlihat pada bagian belakang objek/model. Jenis lighting ini biasanya di gunakan sebagai tambahan dari ke tiga lighting di atas. Saya ambil contoh bila menggunakan Split Lighting dan cahaya utama dari arah jam 3 dengan kondisi menggunakan background hitam, maka pada bagian wajah objek/model dari arah jam 9 tidak terkena cahaya. dengan kondisi ini maka bagian wajah dari arah jam 9 akan menjadi satu dengan background. Biasanya banyak fotografer yang ingin memisahkan objek/model dengan background menggunakan jenis lighting ini.

cara membuat lighting ini dengan menempatkan flash atau cahaya continous pada arah jam10.30 atau 1.30 berlawanan arah dari cahaya utama. untuk posisi flash 90′ sejajar dengan wajah dari arah belakang. jenis lighting ini juga dapat di gunakan sendiri tidak terpaku dengan 3 lighting di atas.

short lighting biasa di gunakan pada objek/model dengan karakteristik wajah gemuk (chubby face)agar seolah olah objek/ model menjadi terlihat tirus.