Seiring dengan perkembangan teknologi fotografi, kini berbagai macam teknik dan jenis baru dalam fotografi bermunculan. Salah satunya, yang akhir-akhir ini populer terutama di sosial media adalah Light Painting. Light Painting adalah teknik fotografi yang memanfaatkan sumber cahaya yang digerakkan untuk memberi efek cahaya ke subjek yang gelap dan diambil dengan long-exposure. Sebuah pemandangan atau objek yang membosankan dapat diubah menjadi lebih hidup dengan ‘melukiskan cahaya’ ke dalam nya.

Membuat Light Painting memberikan tantangan tersendiri bagi sang fotografer. Karena selain harus mengambil foto, fotografer juga harus turut mengarahkan ,dan mengatur sedemikian rupa pencahayaan yang ingin dihasilkan. Light Painting juga memerlukan banyak trial-and-error agar mendapat hasil yang maksimal.

Light Painting memberi efek latar yang lebih berwarna
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Peralatan yang anda butuhkan untuk membuat Light Painting adalah kamera dengan kemampuan pengaturan manual . Anda juga dapat memanfaatkan kamera yang ada di ponsel selama tersedia fitur manual. Selain itu, anda juga akan membutuhkan tripod, objek yang akan difoto, dan yang paling penting sumber cahaya. Anda bebas memilih Sumber cahaya yang hendak digunakan. Mulai dari lampu LED, lightstick, obor, korek api, kembang api, atau hanya dengan flashlight yang ada di ponsel anda.

Untuk membuat light painting, pertama-tama, atur letak dan angle dari objek yang hendak di foto serta peralatan pendukungnya. Kemudian, atur kamera mulai dari shutter speed, difragma, hingga ISO. Sesuaikan pengaturan dengan konsep foto dan lingkungan sekitar. Lalu, lakukan pemotretan dengan fotografer menekan tombol shutter dan yang lainnya langsung melukis dengan sumber cahaya yang ada. Apabila pemotretan dilakukan secara sendiri, anda dapat memanfaatkan fitur timer pada kamera. Pastikan pula objek yang difoto tidak banyak bergerak saat pemotretan dilakukan. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, anda dapat mencoba kembali dengan mengubah parameter yang ada hingga hasilnya sesuai dengan keinginan anda.