Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo sobat redaksiana , salam sejahtera bagi kita semua, kembali lagi bersama saya Aini dari PENS D3 Elektronika B. kali ini saya ingin melanjutkan artikel saya nihh tentang apasih looping itu? looping kan biasanya dipake difisika? eitss jangan salah di dunia C juga ada yang namanya looping loh!!.

Nih aku kasih tau apa sih looping itu? buat apa belajar looping? apa ada manfaatnya? .

Tujuan kita belajar looping kali ini yaitu untuk mempelajari proses perulangan dengan menggunakan beberapa control statement  seperti for, while, dan do-while.

lalu apa yang dipelajari dalam looping ini? nah disini kalian akan mempelajari Control Statement yaitu statement yang digunakan untuk megarahkan jalannya program sehaingga urutan pengerjaan program dapat melompat lompat atau berulang.
Disini ada beberapa statement yang termasuk Control Statement yaitu :

  • if else
  • else if
  • goto()
  • switch()
  • break
  • continue
  • for()
  • while()
  • dan do while .

statement for disini digunakan untuk membuat perulangan yang dikontrol oleh nilai nilai tertentu yaitu initial (nilai awal, condition (kondisi), increment/decrement (penambahan/penurunan), perulangan staetement. Perulangan dengan statement for(), tidak memeriksa kondisi terlebih dahulu, sehingga statement didalam for() memiliki perbedaan yaitu : statement while memeriksa kondisi terlebih dahulu, jika kondisinya memenuhi (benar), maka perulangan dilaksanakan. Statement do-while juga digunakan untuk membuat perulangan seperti halnhya dua statement dan kemungkinan merupakan kombinasi antara kedua statement diatas .
Cara kerja  dari perulangan do while adalah langsung mengerjakan badan loop, kemudian kondisi diperiksa bila kondisi memenuhi perulangan dilanjutkan bila ditindak perulangan selesai . Dari semua perulangan dapat dibuat perulangan bersarang dan tak hingga.

sudah paham atau belum teman teman ?? jika belum paham mari kita simak contoh tugas dibawah ini!!!

contoh
TUGAS 1 : membuat program untuk mencetak matriks identitas sebagai berikut.

#include <stdio.h>

void main()
{
int baris, kolom, n;

printf(“Masukkan Ordo = “);
scanf(“%d”, &n);

printf(“\n\n”);

for (baris=0; baris<n; baris++) {
for (kolom=0; kolom<n; kolom++) {
if(baris==kolom)
printf(“1 “);
else
printf(“0 “);
}
printf(“\n”);
}
getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

jika kita mencoba menjalankan program diatas maka hasilnya akan keluar seperti gambar diatas dengan ordo 5*5.

TUGAS 2 : membuat program untuk menampilkan table perkalian sebagai berikut .

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

void main()
{
int baris,kolom,n,x;

printf(“Masukkan Ordo : “);
scanf(“%d”, &n);

printf(“%3c “, ‘X’);
for(x=1; x<=n; x++)
printf(“%3d “, x);

printf(“\n”);

for(baris=1; baris<=n; baris++) {
printf(“%3d “, baris);
for(kolom=1; kolom<=n; kolom++)
printf(“%3d “, baris*kolom);
printf(“\n”);
}
getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

nah program diatas jika kalian jalankan dengan ordo 10*10 maka akan keluar hasilnya seperti gambar diatas .

TUGAS 3 membuat program untuk membalikkan tampilan angka yang dimasukkan melalui keyboard.

#include <stdio.h>

void main()
{
int bilangan, out;

printf(“masukkan bilangan\n”);
scanf(“%d”, &bilangan);

out=0;
while (bilangan>0)
{
out=bilangan%10;
printf(“%d”, out);
bilangan=bilangan/10;
}
getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

wahh sudah bisa teerrlihat kan hasilnya akan sesuai jika menggunakan program untuk membalikkan angka seperti diatas.

 TUGAS 4 : membuat table konversi suhu dari derajat celcius ke derajat fahrenheit, reamur dan kelvin .

#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <math.h>

void main()
{

float f,r,k;
int z,suhu;
suhu = 0;

printf(“| NO | CELSIUS | FAHRENHEIT | REAMUR | KELVIN |\n”);
for (z=1; z<=11; z++) {
if(z==1) {
suhu=0;
f = (suhu * 9/5) +32;
r = (suhu * 4/5);
k = (suhu + 373);
printf(“|%3d |%5d |%9.f |%7.f |%7.f |\n”, z, suhu, f, r, k);
continue;
}
suhu = suhu + 10;
f = (suhu * 9/5) +32;
r = (suhu * 4/5);
k = (suhu + 373);
printf(“|%3d |%5d |%9.f |%7.f |%7.f |\n”, z, suhu, f, r, k);
}
getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

yukk coba program diatas maka hasilnya akan keluar seperti gambar diatas.

TUGAS 5 : membuat program untuk menghitung nilai rata-rata dari beberapa nilai yang dimasukkan melalui keyboard.

#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
#include<conio.h>

int main()
{
int n;
int jumlah = 0;
float rata;
printf(“Masukkan banyak nilai : “);
scanf(“%d”, &n);

for(int i = 0; i < n; i++) {
int temp;
printf(“Masukkan nilai ke-%d : “, i+1);
scanf(“%d”, &temp);
jumlah += temp;
}
rata = (float) jumlah / n;

printf(“\nTotal : %d\nBanyak nilai : %d\nRata rata : %.2f\n”,
jumlah, n, rata);

}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

coba jalankan dengan menggunakan program diatas , maka hasilnya akan keluar seperti gambar diatas.

TUGAS 6 : membuat program untuk menghitung jumlah angka suatu bilangan. 

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
int bil_positif, mod_bil_positif[20], i=0, j, temp_bil_positif, jumlah=0;
char jwb;

do{
printf(“Masukkan bilangan positif = “);
scanf(“%d”, &bil_positif);
temp_bil_positif = bil_positif;
while(bil_positif != 0){
mod_bil_positif[i] = bil_positif % 10;
jumlah += mod_bil_positif[i];
bil_positif /= 10;
i++;
}
printf(“Jumlah angka dalam bilangan %d adalah “, temp_bil_positif);
for(j=i-1; j>=0; j–){
printf(“%d”,mod_bil_positif[j]);
if(j!=0)
printf(“+”);
else
printf(” = “);
}
printf(“%d\n”, jumlah);
fflush(stdin);
printf(“\nCoba lagi ? (y/n) “);
jwb = getchar();
i=0;
jumlah=0;
}while(jwb==’y’ || jwb==’Y’);
return 0;
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

coba kalian jalankan dengan menggunakan rumus program diatas , maka akan keluar hasil seperti gambar diatas.

TUGAS 7 : membuat program untuk menampilkan tabel yang terdiri dari 10 faktotrial. 

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
int i, j, hasil_faktorial=1;

printf(“Bilangan faktorial\tHasil Faktorial\n\n”);
for(i=1; i<=10; i++){
for(j=i; j>=1; j–)
hasil_faktorial *= j;
printf(“%d!\t\t\t\t%d\n”, i, hasil_faktorial);
hasil_faktorial = 1;
}
return 0;
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

jika kalian sudah mencoba dengan menggunakan rumus program diatas , maka hasilnya akan keluar seperti pada gambar diatas.

TUGAS 8 : membuat program untuk menghitung nilai minimal, nilai maksimal, dan nilai rata-rata dari daftar nilai siswa yang dimasukkan melalui keyboard. 

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
int n, i, maks=0, min;
float jumlah=0, nilai[20], rata_rata;

printf(“Jumlah data (n) : “);
scanf(“%d”, &n);
for(i=0; i<n; i++){
printf(“Nilai ke-%d : “, i+1);
scanf(“%f”, &nilai[i]);
jumlah += nilai[i];
if(nilai[i]>maks)
maks = nilai[i];
if(nilai[i]<min)
min = nilai[i];
}
rata_rata = jumlah / n;
printf(“Nilai minimal : %d\n”, min);
printf(“Nilai maksimal : %d\n”, maks);
printf(“Nilai rata-rata : %.2f\n”, rata_rata);
return 0;
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

nahh dari contoh tuags yang terakhir jika kalian menjalankan program menggunakan rumus program diatas , maka hasilnya akan keluar tabel yang terdiri dari 10 faktorial diatas.

okee teman teman sampe disini dulu yaa pertemuan kita .. semoga bermanfaat , saya aini pamit undur diri.

wassalamualaikum we. wb. ,