Salah satu kreasi foto menarik dengan shutter speed yang lama, adalah membuat foto light painting. Seperti apa foto light painting dan bagaimana cara membuatnya? Akan kita bahas lengkap di artikel ini.

Apa Itu Foto Light Painting?

Foto light painting adalah salah satu kreasi foto dimana kita memanfaatkan shutter speed lambat, sehingga kamera bisa merekam jejak cahaya yang kita buat dan membentuk beragam model sesuai keinginan kita, model itu akan dilukis berulang-ulang dihadapan kamera agar tercipta bentuk yang diinginkan.

Bentuk tersebut pun bisa beraneka ragam, mulai dari nama, pola-pola sederhana, pola-pola yang rumit, atau bagikalian yang memiliki kemampuan yang sudah bagus kalian bisa membuat pola yang jauh lebih sulit, seperti melukis pemandangan atau orang.

Cara Buat Foto Light Painting

Mari santai membaca langkah-langkah berikut ini

  1. Persiapkan Kamera dan Tripod

Tripod digunakan untuk menghindari adanya pergerakan-pergerakan yang nantinya bisa membuat gambar menjadi tidak jelas, terlebih penggunaan shutter speed lambat itu sangat lama jadi pastinya sulit dipegang dengan tangan saja.

Bagi kalian yang memiliki kamera yang bagus pastinya masih bisa mengikuti langkah-langkah ini, namun bagi yang menggunakan kamera handphone, maka disarankan untuk memiliki aplikasi kamera yang memiliki mode pro/manual karena disitulah settingannya akan bermain.

  • Setting kamera di mode manual

Silahkan diaktifkan mode manual terlebih dahulu karena kita akan melakukan setting pada shutter speed dan aperture, pastikan kalian tau apakah itu aperture dan shutter speed ya.

  • Atur bukaan kamera (Aperture) di f/8-f/11

Pemilihan nilai beriku bisa meningkatkan ketajaman pada foto itu sendiri jika kalian masih belum paham maka silahkan mencoba untuk memainkanya dengan mengambil foto menggunakan masing-masing nilai, atau membaca artikel soal hal tersebut.

  • Pilih shutter speed lambat 10-30 detik

Tujuan shutter speed lambat tentu supaya kamera bisa merekam jejak cahaya yang akan kita buat, ingat semakin rumit model dan bentuk ‘lukisan’ cahaya kita nanti, shutter speed yang dibutuhkan juga pasti lebih lama agar kamera bisa merekam semuanya.

Jika bentuk yang diinginkan hanya sederhana, silakan sesuaikan shutter speed yang ada. Satu hal lagi, semakin lama shutter speed maka hasil akhir foto akan semakin terang, ini berlaku jika kita ingin mengambil juga background tempat memotret.

Jika butuh shutter speed lebih dari 30 detik, gunakan mode bulb di kamera, Ingat kamu butuh shutter remote atau setidaknya partner untuk menekan shutter kamera dalam waktu lama, jangan sampai goyang-goyang yah kameranya.

  • Atur ISO 100 atau 200

Tujuan menggunakan ISO rendah agar supaya kualitas foto maksimal dan terhindar dari noise yang mengganggu, karena dalam lightpainting ini tentusaja harus ditempat yang gelap, gorong-gorong atau terowongan bisa menambah kesan ekstrim.

  • Siap Melukis Dengan Cahaya

Setelah semua settingan kamera di atas siap, kini kita sudah bisa memulai melukis dengan cahaya atau membuat foto light painting. Tapi ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum kamu menekan tombol shutter (jangan lupa pake timer tentunya), mari kita lihat:

Pastikan kamu sudah tahu konsep foto light painting yang mau dibuat, contohnya mau buat tulisan pake cahaya, mau buat bentuk spiral, kotak, segitiga atau semacamnya, jika menyertakan model, gunakan lampu flash eksternal agar supaya si model bisa ikutan nampang dalam foto nanti, dan usahakan juga si model tidak gerak kesana kemari ya.

Persiapkan sumber cahaya yang cukup terang, yang paling sederhana adalah layar handphone, atur kecerahan layar sehingga cukup terang. Lebih baik lagi jika menggunakan lampu LED warna-warni, yang punya light stick juga bisa dimanfaatkan.

Perhatikan lokasi pemotretan! Jika terlalu banyak sumber cahaya lainnya, bisa saja hasil foto akan over eksposure atau terlalu terang. Silakan cari tempat yang gelap, paling simpel sebagai percobaan adalah dalam kamar sendiri, terus dimatikan lampunya.

Kalau kamu tak punya tripod, kamera bisa di letakkan di atas meja atau kursi dengan permukaan datar, syaratnya kamera tetap bisa menangkap gerakan cahaya yang kamu buat nantinya atau tidak terhalangi benda apapun.

Jangan berdiri ditengah kamera dan sumber cahaya (lampu, handphone dll), usahakan kamu tidak menghalangi cahaya tersebut saat difoto.

PENTING: Kalau mau buat foto light painting model tulisan, ingat harus dibuat terbalik kanan ke kiri, agar tulisannya terbaca benar di hasil foto nanti.

Kalau sumber cahaya agak redup, setiap kali membentuk satu model, perlambat gerakan yang ada agar tampak terang di foto, jika sumber cahaya sudah terang, dengan gerakan biasa sudah mencukupi. Waktu kamu mulai menggerakan lampunya, usahakan lama setiap bentuk cahaya  sama agar tidak ada yang lebih terang atau lebih redup.

Ingat foto light painting sangat tergantung kreasi kamu, silakan berkreasi menggunakan berbagai sumber cahaya, atau menggunakan objek foto seperti mobil, motor, atau benda-benda lainnya, atau kamu mau berkreasi di pantai saat sunset atau sunrise, atau memadukan dengan foto milky way pasti hasilnya lebih keren lagi!

Berikut contoh yang saya buat untuk menambahkan pengetahuan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Selamat Mencoba dan Terima kasih sudah membaca.